BerandaNewsAlasan DPRD Usulkan Hak Angket Terkait Surat Sumbangan Bertanda Tangan Gubernur Sumbar

Alasan DPRD Usulkan Hak Angket Terkait Surat Sumbangan Bertanda Tangan Gubernur Sumbar

- Advertisement -

Covesia.com – Lambatnya proses penyelidikan dari pihak kepolisian terkait surat sumbangan bertanda tangan Gubernur menjadi penyebab hak angket diajukan.

“Sampai saat ini belum adanya penjelasan dari Gubernur terkait surat Sumbangan dari pihak ketiga. Makanya kita ajukan hak angket,” ungkap juru bicara hak angket, Nurnas di DPRD Sumbar, Selasa (14/9/2021).

Nurnas mengatakan pihaknya telah menyampaikan usulan hak angket untuk diagendakan. Hak angket dilakukan agar tidak terjadi hal macam-macam.

Pertama demi terselenggaranya negara yang baik, bebas KKN dan sesuai undang-undang.

Kedua, DPRD ingin memberi dukungan politik kepala daerah. Juga menjaga kepala daerah dari pihak yang merongrong untuk melakukan hal tertentu.

Ketiga, demi tercipta iklim yang baik dan kepastian hukum yang jelas. Keempat, demi untuk tercipta dan terjaga ketertiban bekerja.

“Kita ingin kenyamanan bagi ASN sehingga tidak terjadi intervensi dan sebagainya,” jelasnya.

Kelima, menjaga harga diri kepala daerah serta kepercayaan masyarakat, sehingga tidak terjadi krisis kepercayaan yang berpotensi mengganggu proses pembangunan.

“Untuk menjawab dugaan tersebut, maka digunakan hak angket sehingga jadi terang benderang. Sehingga tidak ada catatan kelam Sumbar,” imbuhnya.

Nurnas mengatakan untuk waktu hak angket belum bisa ditentukan karena segala sesuatu butuh pembicaraan. Katanya, nanti diagendakan di Bamus, diadakan di paripurna kemudian baru bisa dipenuhi.

“Kami berharap dukungan penuh dari DPRD untuk hak angket ini. Tujuan kita baik untuk Sumbar, dan masyarakat,” ujarnya.

(ila/rdk)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -