Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau Beri Andil Inflasi Desember 2022 di Sumbar

Kelompok Makanan Minuman dan Tembakau Beri Andil Inflasi Desember 2022 di Sumbar

Covesia.com - Kota Padang mengalami inflasi 0,98 persen dan Bukittinggi di 0,66 persen. Kelompok yang dominan memberikan andil inflasi di Desember 2022 adalah kelompok makanan, minuman dan tembakau. Andil inflasi yang disumbangkan sebanyak 0,59 persen. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala BPS Sumbar Herum Fajarwati di Kantor BPS Sumbar, Senin (2/1/2023).

"Selain kelompok makanan minuman dan tembakau inflasi juga disumbangkan oleh transportasi dengan andil 0,22 persen, kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,07 persen," jelasnya.

Tak hanya itu, untuk komoditas yang mengalami kenaikan harga turut memberi andil dominan terhadap inflasi yoy gabungan 2 Kota di Sumbar Desember 2022 adalah bensin, beras, angkutan udara, cabai merah, telur ayam ras dan lainnya.

Sementara yang menyumbang terjadinya deflasi yakni minyak goreng, ikan cakalang/ikan sisik, laptop/notebook juga bawang putih.

"Komoditas yang mengalami penurunan harga dan memberikan andil dominan terhadap inflasi mtm  adalah angkutan udara memberi andil 0,16 kemudian daging ayam ras andil 0,16 persen, telur ayam ras dan emas dengan andil 0, 05 persen. Cabe merah dan kangkung andi 0,04 persen, jengkol mangga dan tomat 0,03 persen dan petai 0,02 persen," jelasnya.

Kemudian komoditas penghambat mtm bawang merah dengan andil -0,03 persen. Ikan cakalang atau sisik dan jeruk dengan andil -0,01 persen.

(ila) 


Baca Juga