Tips Investasi Kripto Untuk Pemula

Tips Investasi Kripto Untuk Pemula Ilustrasi cryptocurrency
Covesia.com - Kripto atau Cryptocurrency adalah mata uang digital yang diciptakan dengan menggunakan teknologi blockchain. Sebuah teknologi dengan sistem yang memungkinkan transaksi dilakukan secara aman tanpa harus melalui lembaga keuangan tradisional seperti bank.

Cryptocurrency dapat dibeli, dijual, dan ditukarkan dengan mata uang fiat atau dengan mata uang digital lainnya.
Meskipun kripto masih merupakan bidang yang relatif baru dan belum diterima secara luas, ada banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi di dalamnya karena potensi keuntungan yang tinggi. 

Namun, seperti dengan investasi lainnya, ada risiko yang bisa saja terjadi. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemula untuk memahami latar belakang dan risiko yang terkait dengan investasi kripto sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Latar Belakang Munculnya Cryptocurrency

Cryptocurrency pertama kali diciptakan pada tahun 2009 dengan munculnya Bitcoin. Bitcoin diciptakan oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto yang tidak diketahui identitasnya secara pasti. 

Bitcoin diciptakan sebagai jawaban terhadap krisis keuangan global yang terjadi pada tahun 2008, yang disebabkan oleh kegagalan sistem keuangan tradisional.

Dengan menggunakan teknologi blockchain, Bitcoin memungkinkan transaksi dilakukan secara aman tanpa harus melalui lembaga keuangan tradisional seperti bank. 
Selain itu, Bitcoin juga merupakan mata uang yang tidak terikat pada negara manapun, sehingga tidak terpengaruh oleh kebijakan moneter yang dibuat oleh bank sentral.

Setelah Bitcoin, banyak cryptocurrency lainnya yang muncul dengan mengadopsi prinsip-prinsip yang sama. Beberapa cryptocurrency terkenal lainnya adalah Ethereum, Litecoin, dan Ripple.

Risiko Investasi Kripto

Meskipun potensi keuntungan yang tinggi dapat menjadi daya tarik bagi banyak investor, ada beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan ketika berinvestasi di cryptocurrency.

Berikut beberapa risiko yang bisa terjadi:

1. Fluktuasi harga yang tinggi

Kripto memiliki fluktuasi harga yang sangat tinggi, sehingga dapat memberikan keuntungan yang tinggi jika harga naik, namun juga dapat menimbulkan kerugian yang besar jika harga kripto turun atau anjlok.

2. Kurangnya regulasi

Kripto masih tergolong sebagai pasar baru yang belum teratur dan tidak memiliki regulasi yang jelas, sehingga terdapat risiko terjadinya penipuan atau kecurangan.

3. Kemungkinan diterpa cyber attack

Kripto menggunakan teknologi blockchain yang merupakan sistem yang aman, namun masih terdapat risiko terjadinya cyber attack yang dapat merusak sistem dan menyebabkan hilangnya investasi.

4. Risiko pembelian ilegal

Kripto masih dianggap sebagai mata uang yang tidak terlegitimasi oleh pemerintah, sehingga terdapat risiko terjadinya pembelian ilegal atau transaksi yang tidak sah.

5. Risiko perubahan regulasi

Kripto masih terus mengalami perkembangan dan masih banyak negara yang belum memberikan regulasi yang jelas mengenai penggunaannya. Hal ini dapat mempengaruhi investasi kripto di masa depan.

Cara Investasi Kripto Untuk Pemula

Investasi dalam kripto dapat menjadi cara yang menguntungkan untuk menambah kekayaan Anda jika dilakukan dengan hati-hati dan dengan mempertimbangkan risiko yang terlibat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memulai cara investasi kripto untuk pemula:

1. Pelajari tentang kripto sebanyak mungkin

Ini termasuk cara kerja teknologi blockchain, bagaimana kripto dipertukarkan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi harga kripto.

Pilih platform yang tepat untuk membeli kripto. 

Ada banyak pertukaran kripto yang tersedia, jadi pastikan untuk membandingkan biaya, keamanan, dan reputasi masing-masing sebelum memutuskan di mana untuk membeli.

2. Mulailah dengan jumlah kecil

Jangan berinvestasi terlalu banyak uang dalam kripto pada awalnya, terutama jika Anda masih belajar tentang cara kerjanya. 
Mulailah dengan jumlah kecil dan tambahkan lebih banyak uang ke dalam investasi Anda seiring Anda menjadi lebih terbiasa dan memahami risiko yang terlibat.

3. Diversifikasi portofolio Anda

Jangan menempatkan semua telur Anda dalam satu keranjang. Diversifikasi portofolio Anda dengan membeli beberapa jenis kripto yang berbeda, atau dengan berinvestasi di beberapa aset keuangan lainnya seperti saham, obligasi, atau reksa dana.

4. Manajemen risiko yang baik. 

Investasi kripto tidak tanpa risiko, jadi pastikan untuk selalu mempertimbangkan risiko yang terlibat dan mengelola investasi Anda dengan hati-hati. Jangan berinvestasi lebih dari yang Anda mampu kehilangan, dan selalu membuat keputusan investasi dengan mempertimbangkan risiko yang terlibat.

Cara Mendapatkan Keuntungan Dari Investasi Kripto

Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan dari investasi kripto adalah dengan membeli mata uang kripto ketika harganya rendah dan menjualnya ketika harganya tinggi. Ini disebut "trading" mata uang kripto. 

Namun, perlu diingat bahwa trading adalah aktivitas yang beresiko tinggi dan memerlukan pemahaman yang mendalam tentang pasar kripto serta kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dalam waktu singkat.

Anda juga dapat mendapatkan keuntungan dari investasi kripto dengan cara "staking" atau "mining". 

Staking adalah proses menyimpan mata uang kripto di dompet digital dan mengkonfirmasi transaksi-transaksi yang terjadi di jaringan kripto. 
Biasanya, Anda akan mendapatkan imbalan dalam bentuk koin kripto jika Anda melakukan staking.

Mining adalah proses menambang koin kripto dengan menggunakan perangkat keras komputer yang khusus. 

Anda akan mendapatkan imbalan dalam bentuk mata uang kripto jika berhasil menambang block baru di jaringan kripto. 

Namun, perlu diingat bahwa mining mata uang kripto membutuhkan perangkat keras yang mahal dan memakan biaya listrik yang tinggi.
Demikian informasi seputar cara investasi kripto untuk pemula yang dapat Anda terapkan ketika berinvestasi pertama kali. 

Jika Anda ingin membandingkan berbagai broker crypto BAPPEBTI secara gratis, Anda dapat mengunjungi Financer.com. Semoga membantu.

Baca Juga