9 Nagari Terdampak Banjir Akibat Hujan Deras di Pesisir Selatan

9 Nagari Terdampak Banjir Akibat Hujan Deras di Pesisir Selatan

Covesia.com - Akibat tingginya intensitas hujan yang terjadi di Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) sebanyak 9 Nagari didaerah tersebut terdampak banjir. 

BPBD Pessel melalui Kabit Kedaruratan dan Logistik Defrisiswardi menyampaikan, terdapat 9 Nagari di 4 Kecamatan, Pesisir Selatan terdampak banjir yang terjadi pada Senin kemarin. 

"Ya, ada sekitar 9 Nagari terendam banjir akibat curah hujan tinggi yang terjadi pada Senin kemarin,"ucapnya pada Covesia.com Selasa (24/1/2023). 

Ia menerangkan, 9 Nagari yang terendam banjir itu tersebar di 4 Kecamatan Pesisir Selatan diantaranya di Kecamatan Koto XI Tarusan yaitu di Jongah Nagari Duku dan Nagari Setara Nanggalo. 

Kemudian di Kecamatan IV Jurai diantaranya, Nagari Painan Selatan dan Nagari Laban, dan di Kecamatan Batangkapas yaitu di Nagari IV Koto Ilir, Nagari Sungai Nyalo, Nagari lubuk Nyiur dan Nagari Tuik, dan Kecamatan Bayang di Nagari Gurun Panjang Induk

"Jumlah itu baru data sementara yang dapat dihimpun oleh Tim TRC BPBD bisa jadi ada update data terbaru,"katanya. 

Dari data sementara itu, sambung Def, di Kecamatan Bayang tepatnya di Gurun Panjang Induk, sebanyak 180 unit rumah terendam banjir. 

"Untuk jumlah KK terdampak ada sekitar 250 kepala keluarga (KK),"sebutnya. 

Sejauh ini lanjutnya, untuk di Gurun Panjang, akibat banjir akses jalan sempat tertutup dan sulit untuk dilewati kendaraan roda dan roda empat dengan ketinggian air cukup tinggi. 

"Banjir terjadi malam kemarin hingga pagi tadi debit air masih tinggi dan mulai surut,"ujarnya. 

Lanjutnya lagi, kini pihaknya dari Tim TRC di berbagai kecamatan sudah berada di beberapa lokasi yang terdampak banjir dan lagi melakukan pendataan. 

"Masih dalam pendataan perkiraan sementara dari lokasi terjadi banjir ada sekitar 1000 kepala keluarga yang terdampak,"tutupnya.

(ind)

Baca Juga