- Advertisement -
BerandaNewsPakem Temukan Aliran Kepercayaan Baru di Solok Selatan yang Bikin Resah

Pakem Temukan Aliran Kepercayaan Baru di Solok Selatan yang Bikin Resah

- Advertisement -

Covesia.com – Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) Kabupaten Solok Selatan, mendeteksi keberadaan aliran kepercayaan baru di daerah itu.

Aliran yang terdeteksi tersebut bernama “Pelindung Kehidupan”.

Wakil Ketua Pakem Solok Selatan, M Fajrin, menyebutkan pihaknya menemukan adanya aliran baru itu pada Juni 2021 lalu. Hanya saja, saat ini, para anggota aliran telah berpindah tempat.

“Sekarang mereka sudah berpindah tempat, kami tahu pada bulan Juni. Waktu kami proses di kampung itu, mereka sudah jarang bermukim di sana, sudah pindah,” kata Fajrin, dalam keterangannya, Rabu (13/10/2021).

Awalnya, para pengikut aliran tersebut berada di Jorong Simancuang, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan. Fajrin mengatakan, saat itu beranggotakan 20 orang.

“Ke depan kami koordinasi dengan tim Pakem lain, Intel, dan kemenag serta lainnya untuk melacaknya. Sampai sekarang kami belum bertemu langsung dengan anggota aliran tersebut, karena hilang,” jelasnya.

Dari hasil wawancara warga setempat, kata dia, aliran ini telah meresahkan. Mereka melakukan perekrutan anggota dengan cara sistem pengobatan dan membayar.

“Semacam uang tebus atau hak segala macam, rata-rata mereka membayar sekitar Rp2 sampai Rp5 juta, ini baru wawancara dari tetangga. Dan kegiatan mereka sudah bikin resah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Fajrin mengungkapkan, hasil keterangan warga, pengikut aliran ini juga memiliki kepercayaan yaitu salat hanya satu seumur hidup. Namun itu baru keterangan warga dan kebenarannya mesti digali lebih dalam.

“Kan kebenarannya belum terkonfirmasi langsung dari aliran ini. Namun berdasarkan keterangan warga, seperti itu. Saat ini kami masih melacak,” kata dia.

(don)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -