- Advertisement -
BerandaNewsVaksinasi Covid-19 di Atas Kapal Perang, Menjaga Diri Sambil Edukasi

Vaksinasi Covid-19 di Atas Kapal Perang, Menjaga Diri Sambil Edukasi

- Advertisement -

Covesia.com – KRI Bontang-907 kini sedang merapat di Pelabuhan Teluk Bayur, Padang. Kapal yang digunakan untuk perang itu bakal beralih fungsi untuk sementara waktu. Kamis (14/10/2021), kapal tersebut digunakan sebagai sentra vaksinasi Covid-19 bagi warga Kota Padang.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal II Padang, Letkol Laut (K) Zulfitri menjelaskan, dengan kehadiran KRI Bontang dalam kegiatan vaksinasi ini bertujuan untuk lebih menarik minat warga Kota Padang dalam mengikuti kegiatan “Serbuan Vaksinasi Maritim” yang dilaksanakan Lantamal II Padang.

“Serbuan Vaksinasi Maritim ini di harapkan animo warga Kota Padang mengikuti vaksinasi cukup tinggi. Karena, selain mendapat vaksin, warga Kota Padang juga bisa beredukasi dan berekreasi di kapal perang tersebut,” ungkapnya.

Untuk memenuhi capaian vaksin selama kegiatan ini, Diskes Lantamal II menyiapkan vaksin Sinovac 750 dosis, Moderna 60 dosis, serta Pfizer 60 dosis.

“Jenis vaksin yang kita siapkan adalah Sinovac 750 dosis, Moderna 60 dosis, serta Pfizer 60 dosis. Selain itu, setiap hari capaian vaksinasi yang kita lakukan di Diskes Lantamal II sebanyak 300 orang perhari,” kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr.Ferimulyani Hamid, M.Biomed yang menyempatkan hadir dalam kegiatan vaksinasi di KRI Bontang 907 ditargetkan capaian vaksinasi sebanyak 750 orang.

“Dengan hadirnya KRI Bintang 907, kita harapkan capaian vaksinasi dapat tercapai. Sebanyak 750 orang menjadi target dari vaksinasi yang berlangsung di KRI Bontang 907 ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan juga, Dinkes Kota Padang menargetkan seribu orang mendapat vaksin setiap hari.

“Ini merupakan salah satu langkah agar capaian vaksinasi di Padang meningkat,” tuturnya.

Kadinkes berharap vaksinasi ini diikuti warga dengan baik dan dengan antusiasme yang tinggi. Selain untuk menjaga diri dari bahaya Covid-19, vaksinasi tersebut juga sekaligus untuk mengenalkan kapal perang kepada warga, terutama siswa sekolah.

“Vaksinasi di atas kapal perang ini merupakan edukasi juga kepada pelajar,” katanya.

Sementara itu, Anita (16), salah seorang pelajar di salah satu sekolah SMA di Kota Padang ini berkesempatan melihat lebih dekat salah satu kekuatan armada laut TNI AL yang sedang sandar di dermaga Teluk Bayur Padang.

Selain dapat menaiki kapal perangnyang sedang sandar, Anita berserta pelajar lain berkesempatan mendapat vaksinasi Covid-19 di dek tiga KRI Bontang 907.

“Naik KRI adalah pengalaman pertama bagi saya. Saya sangat senang sekali. Selain berwisata dan mengenal tentang KRI Bontang 907, saya juga mendapat vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh Lantamal II Padang,” ungkap Anita, Kamis (14/10/2021).

Saat ditanya, bagaimana perasaan setelah mendapat vaksinasi, Anita menjelaskan tidak merasakan apa-apa saat divaksin. “Jujur, saya takut disuntik. Tetapi, karena suasana berada di kapal perang, saya seperti tidak merasakan saja saat disuntik. Tahu-tahu sudah selesai saja,” ucapnya tersenyum.

(don)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -