PBB: Miyanmar Harus Junjung Tinggi HAM Soal Etnis Rohingnya

Nay Pyi Taw, Myanmar – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon mengatakan bahwa dirinya mendorong pemimpin Myanmar untuk menjunjung tinggi penegakan Hak Asasi Manusia dan memberikan akses kemanusiaan bagi etnis Rohingya.

“Saya juga menyampaikan keprihatinan saya tentang penduduk Rohingya yang mengalami diskriminasi dan kekerasan,” ujar Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon di sela-sela KTT ke-25 ASEAN, Kamis.

Pemerintah Myanmar diharapkan dapat menegakkan hak asasi manusia bagi para etnis Rohingya dengan mulai mengakui status mereka, Ban Ki-moon mengeaskan.

“Saya mendorong presiden dan para pemimpin Myanmar untuk menjunjung tinggi hak asasi manusia, mengambil sikap tegas dalam melawan berbagai hasutan dan menjamin akses kemanusiaan ke Rohingya yang hidup dalam kondisi yang rentan,”

Sekretaris Jenderal PBB juga memperingatkan pemerintah Myanmar agar dapat mengakhiri serangan terhadap minoritas muslim di negerinya dan mengakui etnis Rohingya sebagai warga Negara Myanmar.

Sebelumnya, Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengadakan pembicaraan dengan para pejabat senior di ibukota Nay Pyi Taw, Myanmar untuk membahas proses reformasi dan pengobatan untuk minoritas Muslim Rohingya. (ant/lif)

0 Comments

Leave a Comment

fifteen + three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password