Setara: Tak Ada Alasan Menolak, DPR Segera Lantik Kapolri

Covesia.com – Mempertanyakan penarikan dan pembatalan pelantikan Komjen Polisi Budi Gunawan sebagai Kapolri kepada Presiden Jokowi dianggap buang-buang waktu saja.

Wakil Ketua Setara Institute Bonar Tigor Naipospos menegaskan agar DPR melantik Komjen Polisi Badrodin Haiti sebagai Kapolri.

“Presiden sudah mengajukan Komjen Polisi Badrodin Haiti sebagai pengganti. Jadi, tidak ada alasan bagi DPR menolak pencalonan itu,” kata Bonar, Senin (23/03/2015).

Bonar menduga kalaupun ada yang mempertanyakan penarikan dan pembatalan pencalonan Budi Gunawan di DPR, itu hanyalah ulah segelintir anggota DPR untuk melakukan manuver politik tertentu.

Salah satu yang perlu dipertanyakan anggota DPR kepada Badrodin, kata Bonar, adalah tindakan Polri yang masih melakukan kriminalisasi terhadap pendukung gerakan antikorupsi seperti pimpinan nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad dan Bambang Widjojanto.

Sebelumnya, beberapa anggota Komisi III DPR mengisyaratkan tidak akan langsung mengadakan uji kepatutan dan kelayakan terhadap Badrodin melainkan akan mempertanyakan alasan Presiden membatalkan pelantikan Budi Gunawan terlebih dahulu, seperti dilansir antara.

(Sebelum Uji Komjen Badrodin Haiti, DPR Minta Kejelasan Status Komjen Budi Gunawan) (ary)

0 Comments

Leave a Comment

18 − eight =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password