BNPT: ISIS dan Teroris Bukan Teori Konspirasi

Covesia.com – Kepala Badan Nasional Penanganan Teroris (BNPT) Saud Usman Nasution membantah tudingan aparat penegak hukum sengaja memelihara isu terorisme. Tudingan itu lantaran upaya-upaya pemberantasan terorisme tak pernah tuntas.

“Banyak pihak yang tidak peduli masalah teror, termasuk ISIS, dan menganggap sebagai teori konspirasi. Padahal ancaman itu nyata dan tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi hampir di seluruh negara,” ujar Saud di Jakarta, Senin (23/3/2015).

Dia menambahkan tak mudahnya memberantas terorisme lantaran kelompok-kelompok tersebut memiliki sikap yang pantang menyerah. Sikap itu membuat kelompok-kelompok radikal akan terus berupaya mencapai tujuan mereka.

“Sepanjang tujuan mereka memberlakukan syariah Islam di dunia belum tercapai, maka mereka akan terus berusaha. Karena mereka tidak menyerah begitu saja,” ujar Saud yang pernah menjadi Kapolda Sumatera Selatan.

Meski demikian, Saud mengakui belum ada cara efektif yang dapat menumpas habis terorisme. Hukuman pidana berat berupa kurungan badan belum dapat membuat pelaku teror berhenti beraksi. Namun malah tetap menjalankan tindakan-tindakan radikal.

“Masyarakat harus mendukung upaya aparat untuk memberantas terorisme. Karena ini masalah bangsa, harus sama-sama kita pikirkan mencari solusinya. Jangan hanya melihat dari aspek ideologi dan agama, tapi harus berbagai aspek kehidupan negara,” pungkasnya. (hat/ary)

0 Comments

Leave a Comment

one × 3 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password