Perantau Terkejut Kabar Miringnya Jam Gadang

Jakarta -Perantau Bukittinggi di Jakarta terkejut dengan kabar miringnya bangunan Jam Gadang. Seperti yang diberitakan Covesia.com sebelumnya, bangunan Jam Gadang diketahui miring di beberapa lantai.

Sudut kemiringan tercatat sebesar dua derajat yang diduga disebabkan oleh bencana gempa.

Menurut Ketua Komunitas Muda Bukittinggi (KMB), Rocky Fernando, Jam Gadang adalah simbol kota Bukittinggi bahkan Sumatera Barat.

“Kita terkejut dengan kabar (kemiringan) itu. Kita takut ikon kebanggan masyarakat Sumbar bakal runtuh,” kata Rocky kepada Covesia, Kamis (13/11/2014) di Jakarta.

Dia meminta Pemerintah Daerah bergerak cepat untuk mengatasi persoalan tersebut. Jangan sampai Jam Gadang sudah rubuh dan jatuh korban jiwa, baru Pemda sibuk.

“Kalau Pemda tidak sanggup, kami dari perantau siap untuk membantu. Jam Gadang adalah ikon bersama, bukan hanya masyarakat di kampung tapi juga di rantau” katanya.

Direktur Eksekutif Badan Pelestarian Pustaka Indonesia (BPPI), Adrian Perkasa mengkonfirmasi terhadap kemiringan yang terjadi pada bangunan jam gadang, menurutnya bangunan tersebut belum membahayakan keutuhan bangunan dan keselamatan pengunjung. (gus/lif)

0 Comments

Leave a Comment

2 × 4 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password