Awas! Hingga November 114 Warga Bukittinggi Terinfeksi DBD

Bukittinggi – Sedikitnya 114 warga kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) hingga pertengahan November tahun ini. Demikian data yang diperoleh covesia.com dari Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, Kamis (13/11/2014).

Kepala Dinas Kesehatan Bukittinggi Syofia Dasmauli mengatakan kasus DBD pada 2014 di kota itu mengalami peningkatan signifikan dibanding tahun sebelumnya. Pada 2013, di Bukittinggi tercatat 147 kasus DBD yang keseluruhannya dapat ditangani
oleh tenaga kesehatan. Sementara, pada 2012 tercatat 107 kasus dengan satu korban anak berusia 5 tahun meninggal dunia.

“Dalam tahun ini belum terdapat korban jiwa akibat penyakit tersebut. Namun demikian, kita menghimbau masyarakat untuk hati-hati dan menjaga kebersihan lingkungan. Penyebaran nyamuk penyebab DBD, akan lebih banyak pada musim hujan,” ujarnya.

Syofia menghimbau masyarakat untuk giat melaksanakan program pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan gerakan 3 M Plus (menutup tempat penampungan air, menguras bak air, serta mengubur barang bekas yang dapat menjadi sarang dan berkembangnya nyamuk).

Untuk menangani korban DBD, Dinas Kesehatan Bukittinggi menjalin kejasama dengan rumah sakit milik pemerintah provinsi maupun swasta baik itu melalui rujukan puskesmas maupun pengobatan langsung. Hingga kini, menurut dia, kota Bukittinggi belum memiliki rumah sakit milik pemerintah daerah. (jmb)

0 Comments

Leave a Comment

one × four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password