Waspada, di Perairan Padang Gelombang Laut Capai 2,5 Meter

Padang – Curah hujan yang cukup tinggi sejak dua hari lalu sampai lima hari kedepan ditenggarai menjadi penyebab tingginya gelombang laut Samudera Hindia. Saat ini, tinggi gelombang laut di perairan Padang telah melebihi dari 2 meter.

“Selama lima hari ke depan, gelombang laut masih cukup tinggi,” kata Kepala Seksi Observasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang, Budi Samiaji di Padang, Kamis (13/11/2014).

Ia mengatakan, angin dari tenggara menuju barat laut dengan kecepatan 8- 40 kilometer perjam menjadi salah satu pemicu tinggi gelombang. Di perairan laut Mentawai, Sumbar, tinggi gelombang mencapai dua meter, sementara itu di perairan barat Mentawai tinggi gelombang laut mencapai 2,5 meter.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Padang, Hendri mengimbau nelayan di daerah itu untuk mewaspadai tinggi gelombang laut akibat cuaca buruk sejak dua hari terakhir.

“Gelombang laut belakangan ini sangat tinggi, kami mengingatkan nelayan agar tidak memaksakan untuk melaut,” katanya.

Dari pantauan yang dilakukan pihaknya, tinggi gelombang sudah melewati batas normal, dan hal itu berisiko bagi nelayan yang menggunakan perahu. Perubahan arah angin disertai hujan lebat, membuat tinggi gelombang laut. “Ini harus diwaspadai nelayan serta masyarakat pesisir pantai Kota Padang,” katanya.

Ia menambahkan, dalam mengantisipasi jatuhnya korban jiwa ditempat-tempat yang rawan bencana, BPBD Kota Padang sudah melakukan peringatan dini, dengan memasang papan peringatan dan spanduk dititik rawan bencana.

“Termasuk juga papan peringatan yang kita pasang di Pantai Padang, hal itu untuk mengingatkan pengunjung yang ingin bermain di laut,” katanya. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

twelve + fifteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password