Serpihan Bukit Berjatuhan, Warga Pasaman Barat Dihantui Longsor

Pasaman Barat – Ancaman longsor mulai mengintai warga. Serpihan Bukit Kapalo Banda , Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat mulai berjatuhan. Warga disekitar bukit mulai cemas dan ketakutan.

Pasalnya, bukit tersebut, sebelumnya pernah longsor. Dikwatirkan akan terjadi lonsor susulan. Sementara hujan deras terus mengguyur wilayah tersebut. Sebelumnya masyarakat setempat pernah meninggalkan rumah mereka dan mengunsi ditempat yang aman.

Sekretaris Camat Talamau, Adrizal ketika ditanyacovesia.com, Kamis (13/11-2014) membenarkan bahwa saat ini reruntuhan bukit tersebut sudah mulai jatuh. Hal ini disebabkan hujan deras yang terus mengguyur wilayah tersebut.

“Kita minta kepada masyarakat yang tinggal disekitar Bukit Kapalo Banda agar selalu meningkatkan kewaspadaan. Sebab dari atas bukit sudah ada reruntuhan yang jatuh, dikhawatirkan terjadi lagi longsor susulan” kata Adrizal.

Sampai saat ini, belum bisa diketahui kapan bencana datang tetapi warga diminta tetap waspada. Kalau perlu untuk sementara warga menginap di rumah keluarga yang aman.

Data yang dihimpuncovesia.com, sebelumnya bukit tersebut pernah dihantam lonsor pada Jumat (22/8) lalu. Sekitar 20 hektare sawah masyarakat tertimbun oleh lumpur dari bukit Kapalo Banda.

Kemudian, material longsor juga menutupi aliran sungai. Panjang longsor mencapai 1,5 kilometer dengan lebar satu kilometer dan tinggi timbunan yang sudah berada di hamparan sawah petani itu mencapai 40-100 meter.(man/lif)

0 Comments

Leave a Comment

eighteen − seven =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password