Pejabat Pekanbaru Mulai Gunakan Mobil Lebih Murah

Pekanbaru – Pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mulai beralih menggunakan mobil lebih murah dan lebih sederhana untuk operasionalnya sehari-hari seiring penyesuaian kebijakan pemerintah.

“Kalau Presiden sudah mengambil kebijakan menggunakan mobil hemat energi, diikuti oleh Gubernur Riau, maka kita di jajaran Pekanbaru harus ikut,” kata Walikota Pekanbaru Firdaus di Pekanbaru, Jumat (14/11/2014).

Ia mengaku sudah “merumahkan” mobil dinas Lexus 2.700 cc yang selama ini digunakannya dan berganti menggunakan Kijang Innova yang lebih irit dalam penggunaan bahan bakar. Mobil Lexus digunakan untuk hal-hal tertentu, karena memang sudah terlanjur disediakan.

“Ini buktinya, kalau hanya untuk kunjungan berangkat dari rumah ke kantor cukup nyaman,” kata dia.

Menurut dia, kebijakan menggunakan mobil sederhana ini memang bagus untuk diterapkan. Karena ini menjadi contoh dalam penggunaan kendaraan yang hemat dan murah.

Sehingga dia mengingatkan kepada jajarannya di lingkungan Pemkot Pekanbaru mulai dari kepala dinas hingga camat dan lurah harus mengikuti ini. “Kalau wali otanya gunakan Innova, minimal mobil kepala dinasnya Avanza,” kata dia sembari tertawa.

Berbicara kondisi pengadaan kendaraan baru untuk tahun depan yang sudah terlanjur dianggarkan, dia berpesan agar bagian perlengkapan menyesuaikan dan mencari kendaraan yang murah.

“Tetapi bagi yang sudah terlanjur pengadaan tahun lalu tetap digunakan saja, hanya yang belum dibeli kita berlakukan,” kata dia.

Selain mobil, pihaknya juga mengingatkan kepada jajarannya agar membatasi perjalanan dinas yang tidak penting. Kalau bukan untuk promosi dan penandatanganan kerja sama penting.

Dia juga mengaku sudah menggunakan pesawat kelas ekonomi untuk perjananan dinas keluar kota. “Makanya saya membatalkan perjalanan ke Barcelona,” kata dia.

Berdasarkan pengamatan kalau biasanya mobil mewah berbaris parkir di kantor Walikota, sudah tiga hari ini mulai berganti, termasuk mobil dinas Walikota Innova dengan nomor polisi BM 1 sudah selalu parkir di lobi kantor. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

17 − nine =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password