Kodim 0305 Kerahkan Satu Pleton Anggota Untuk Evakuasi

Pasaman – Kodim 0305 Pasaman kerahkan satu pleton anggota untuk membantu evakuasi bencana banjir dan longsor Jorong Lungguk Batu Nagari Koto Kaciak Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman Sumatera Barat. Anggota kesulitan melakukan evakuasi korban karena jalan menuju lokasi kecil dan terisolir.

Dandim 0305 Pasaman, Letkol. Inf. NBS. Situmorang ketika dikonfirmasicovesia.com, Jumat (14/11-2014) di lokasi bencana mengatakan saat ini alat berat belum bisa di masukkan ke dalam lokasi bencana. Hal ini disebabkan jalan lokasi banjir kecil dan terisolir.

“Evakuasi dan pembersihan potongan kayu dan tanah hanya bisa dilakukan secara manual. Anggota mempergunakan alat cangkul dan parang, dan ada sejumlah chain saw” ujar Dandim Pasaman.

Menurutnya, selain anggota TNI, evakuasi juga dibantu oleh anggota Polres Pasaman, anggota Satpol PP, anggota BPBD dan pemuda setempat.

“Kita minta kepada seluruh pemuda agar bekerjasama untuk melakukan evakuasi dan pembersihan supaya cepat selesai” sebut Dandim.

Diperkirakan, evakuasi dan pembersihan lokasi banjir dan longsor memakan waktu satu minggu lebih. Tergantung dari alat yang bisa dipergunakan. Kalau hanya memakai alat manual, pekerjaan bisa memakan waktu lama.

Tumpukan kayu dan tanah masih berserakan di lokasi banjir. Belum banyak terlihat perubahan pasca terjadinya banjir.

Data yang dihimpuncovesia.com, jumlah rumah masyarakat yang rusak akibat banjir sekitar 34 buah. Rumah yang datar dengan tanah sekitar 16 buah, selebihnya rusak parah. (man/lif)

0 Comments

Leave a Comment

seventeen + 11 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password