Kementrian Pariwisata Diminta Turun Tangan Atasi Kemiringan Jam Gadang

Jakarta -Kementerian Pariwisata Republik Indonesia diminta untuk turun tangan dalam memastikan kondisi Jam Gadang Bukittinggi Sumatra Barat yang saat ini mengalami kemiringan akibat gempa.

“Jam Gadang harus dijaga karena sudah mendunia. Ikon Bukittinggi dan Sumatera Barat itu menjadi daya tarik nomor satu di ranah minang” kata Direktur Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Komunitas Muda Minang Rantau (Kommintau) Ronny Arby kepada Covesia, Kamis (13/11/2014).

Menurut Ronny, Kementerian Pariwisata punya kewajiban dalam menjaga aset-aset pariwisata di Indonesia. Tentu saja dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

“Jam gadang itu masuk 10 besar objek wisata yang paling populer di Indonesia. Makanya menjadi kewajiban kita semua untuk menjaganya” jelas Ronny yang bergerak didunia usaha tour travel tersebut.

Seperti diberitakan Covesia sebelumnya, bangunan Jam Gadang diketahui miring di beberapa lantai. Sudut kemiringan tercatat sebesar dua derajat yang diduga disebabkan oleh bencana gempa.

Direktur Eksekutif Badan Pelestarian Pustaka Indonesia (BPPI), Adrian Perkasa mengkonfirmasi terhadap kemiringan yang terjadi pada bangunan jam gadang, menurutnya bangunan tersebut belum membahayakan keutuhan bangunan dan keselamatan pengunjung. (gus/lif)

0 Comments

Leave a Comment

11 + 2 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password