Tak Aman, Datsun GO Gagal Uji Tabrak

Berlin – Remuknya bagian depan Datsun GO produksi India dalam tes Global NCAP di Jerman beberapa waktu lalu, membuat hatchback produksi anak perusahaan Nissan itu tak layak jalan karena rangka tubuhnya yang ringkih dan dianggap terlalu membahayakan bagi pengemudi sekaligus penumpang.

Dari hasil uji tabrak tersebut yang terlihat dalam video, nyaris keseluruhan bagian tubuh depan Datsun Go ringsek seketika kala mengalami kecelakaan di kecepatan 64 km/jam.

Boneka yang berperan sebagai pengemudi pun nampak tergencet dengan bagian kepala menghantam kemudi dan dashboard dengan keras sehingga kemungkinan selamat dari kecelakaan amat rendah.

Bahkan Max Mosley, Global NCAP Chairman, dikutip dari laman resmi Globalncap belum lama ini, sampai mengungkapkan Datsun Go yang memperoleh rating zero-star itu hampir bisa dipastikan takkan lolos standar frontal impact regulation yang telah ditetapkan oleh PBB karena struktur body shell yang kelewat rapuh sehingga perlengkapan safety tambahan seperti airbags pun dinilai percuma.

CEO Renault-Nissan Carlos Ghosn sendiri telah mendapat surat resmi dari Max Mosley yang menghimbau untuk membekukan sementara penjualan Datsun Go hatcback di India sampai ada perbaikan desain dan struktur yang lebih mumpuni dan aman sebelum kembali ke pasar. (rio)

0 Comments

Leave a Comment

9 + three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password