Tanggap Darurat Banjir Pasaman 14 Hari

Pasaman—Pemerintah Daerah Kabupetan Pasaman tetapkan 14 hari tanggap darurat bencana banjir dan longsor di Jorong Lungguk Batu Nagari Koto Kaciak Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman Sumatera Barat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman terus melakukan evakuasi dibantu TNI dan Polres.

“Kita menetapkan 14 hari kedepan tanggap darurat. Kita akan menyelesaikan evakuasi korban, pembersihan lokasi banjir” kata Kepala BPBD Pasaman, M. Nasir ketika dikonfirmasi Covesia.com, Jumat (14/11-2014) dilokasi bencana.

Menurut M. Nasir, sejak Kamis tim evakuasi bencana bekerja untuk menyelesaikan fasilitas umum, evakuasi pengunsi yang tidak punya tempat tinggal lagi. Saat ini pemerintah sudah menyediakan sejumlah tenda di lokasi bencana.

“Selain anggota TNI, Polres, kita juga dibantu dari anggota BPBD Padang Panjang, BPBD Kabupaten Agam dan BPBD Kabupaten Tanah Datar” sebut M. Nasir.

Pemerintah sudah menyerahakn bantuan sementara berupa dapur umur, sejumlah posko penerima bantuan. Sejumlah bantuan dari dermawan sudah mengalir di posko bantuan.

Tim evakuasi terus membersihkan potongan-potongan kayu besar yang terbawa oleh banjir dan lonsor di tengah jalan. Kemudian mengatasi berbagai ancaman-ancaman yang akan menyusul, seperti banyaknya tumpukan kayu di ujung sungai, dan ini bisa membahayakan kalau terjadi banjir dan longsor susulan.

“Untuk sementara, kita masih memakai alat manual melakukan pembersihan. Alat yang digunakan seperti cangkul, senjata tajam dan sejumlah chain saw ” sebut M. Nasir. (man/lif)

0 Comments

Leave a Comment

nine − 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password