Korban Banjir Bandang Pasaman Serbu Posko Kesehatan

Pasaman – Puluhan warga Jorong Lungguk Batu Nagari Koto Kaciak Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman Sumatera Barat mendatangi posko kesehatan. Mereka terlibat antre mendapatkan pengobatan dan memeriksakan kesehatannya.

Data terakhir, sudah lebih 60 orang warga korban bencana banjir dan longsor berobat. Rata-rata mereka memeriksakan tensinya karena trauma dan stres akibat dihantam banjir dan longsor secara tiba-tiba. Dan sebagian ada yang berobat karena luka-luka akibat hantaman banjir.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, Desrizal ketika ditanyacovesia.comdi posko pengobotan mengatakan Dinas Kesehatan menurunkan 40 orang tenaga medis ke lokasi bencana untuk mengobati korban banjir dan longsor.

“Tenaga medis tersebut kita datangkan dari kabupetan, dan sejumlah puskesmas terdekat dengan lokasi banjir” sebut Desrizal.

Kemudian, sejumlah obat-obat yang dibutuhkan untuk korban banjir dan longsor sudah tersedia di posko kesehatan. Ditambah dua yunit ambulan ditempatkan di lokasi bencana.

Ambulan ini bertujuan untuk membawa pasien bencana korban banjir kalau ada yang gawat darurat. Namun sampai saat ini pasien masih berobat jalan, belum ada yang dirujuk.

“Rata-rata korban yang datang ke posko kesehatan hanya berobat luka-luka lecet. Dan yang banyak pasien trauma atau stres, mungkin dampak dari bencana banjir” ucapnya.

40 tenga medis tersebut akan bertugas setiap hari di posko pengobatan sampai selesai tanggap darurat.(man/lif)

0 Comments

Leave a Comment

thirteen − 7 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password