3 Jembatan Rusak, Kerugian Capai 500 Juta Rupiah

Pasaman – Kerugian sementara akibat musibah banjir bandang dan longsor Jorong Lungguk Batu Nagari Koto Kaciak Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman Sumatera Barat sekitar Rp 500 juta lebih. Tiga buah jembatan rusak, 35 buah rumah rusak parah, 18 buah diantaranya rata dengan tanah.

Kemudian dua mesin heler padi rusak parah, dan 43 buah rumah lagi rusak ringan. Data tersebut diperoleh dari petugas pencatat ditenda bantuan bencana banjir, Sarullah (44) ketika ditanya covesia.com, Jumat (14/11-2014).

Selain itu akibat banjir dan longsor juga merusak pipa air bersih PDAM, bendungan irigasi ludes, dan 15 meter jalan putus. “Data ini, hasil dari laporan masyarakat yang korban bencana alam ke posko” kata Sarullah.

Sementara itu Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman, M. Nasir ketika dikonfirmasi membenarkan kerugian sementara diperkirakan Rp500 juta.

“Data yang kita peroleh, 12 rumah hancur, dan 25 buah rumah rusak berat,” kata M. Nasir.

Selain itu, jelasnya, akibat banjir juga merusak 15 hektare sawah masyarakat setempat.

Kemudian 180 ekor ternak ayam dan 60 ekor itik masyarakat hilang dibawa arus banjir.

Bukan hanya itu saja, dua buah musalla juga mengalami rusak ditambah MCK satu buah. Akibatnya banyak fasilitas umum dan rumah masyarakat yang rusak, maka pemerintah daerah menetapkan tanggap darurat 14 hari kedepan.

“Kita akan menyelesaikan faliitas umum segera mungkin, evakuasi pengunsi yang tidak punya tempat tinggal lagi,” kanya.

Dengan adanya bantuan dari BPBD Padangpanjang, BPBD Kabupaten Agam, dan Kabupaten Tanah Datar tanggap darurat bisa cepat tuntas. Selain itu anggota TNI, Polres Pasbar, Satpol PP, BPBD Pasaman dan masyarakat setempat terus melakukan pembersihan lokasi bencana secara manual. (man/cal)

0 Comments

Leave a Comment

ten + 11 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password