Tahapan Pilkada Dimulai Bulan Ini

Padang – Tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan diikuti oleh 13 kota/kabupaten, plus Provinsi Sumatera Barat telah dimulai.

Daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak di Sumatera Barat tahun 2015 ini adalah Provinsi Sumatera Barat, Kota Bukittinggi, Kota Solok, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kabu­paten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasa­man Barat, Kabupaten Pasaman, Kabu­paten Agam, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya.

Ketua Komisi Pemilhan Umum (KPU) Sumbar, Amnasmen mengatakan pemutakhiran data dan pembentukan PPK dan PPS akan dilaksanakan pada bulan ini.

”Namun pemutakhiran tersebut masih menunggu arahan dari pemerintah pusat,” katanya kepada covesia.com, Jumat (14/11/2014).

Menurutnya, KPU akan segera memulai tahapan pilkada, kalau tidak KPU akan kedodoran, pasalnya tahapan pilkada akan menghabiskan waktu yang cukup lama.

Makanya, tidak ada lagi waktu bagi KPU, Pemprov dan DPRD menunda-nunda pelaksanaan tahapan pilkada serentak.

Sebelumnya, Persiapan pemilu kepala daerah serentak di Sumatera Barat tahun 2015 disusun berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014, termasuk tentang pencalonan yang tidak lagi dilakukan berpasangan.

“Landasan hukum yang kita gunakan untuk menyiapkan pemilu kepala daerah secara serentak ini adalah Perppu Nomor 1 Tahun 2014. Menurut aturan itu, calon kepala daerah memang tidak lagi diajukan secara berpasangan, tetapi secara perorangan,” tegasnya.(def/ary)

0 Comments

Leave a Comment

six + sixteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password