Pejuang Syiah Yaman Serang Alqaeda, 35 Tewas

Sanaa – Para pejuang Muslim Syiah Houthi Yaman yang didukung oleh pasukan pemerintah menghantam sayap lokal Al Qaeda dari salah satu benteng terakhirnya di Yaman tengah, Jumat, dalam pertempuran sengit yang menewaskan sedikitnya 35 orang, kata sumber suku.

Gerakan Ansarullah Huthi telah menjadi kekuatan politik utama di Yaman, sekutu Barat, sejak menangkap Sanaa pada September dan kemudian mendorong selatan dan barat ke jantung Muslim Sunni di Provinsi al-Bayda, di mana Ansar al-Sharia telah bersekutu sendiri dengan suku setempat.

Yaman telah dalam kekacauan sejak 2011, dan mencemaskan hati tetangganya Arab Saudi, eksportir minyak utama dunia, dan kekuatan Barat ingin mencegah ketidakstabilan di Semenanjung Arab karena bisa mengancam pasokan minyak mentah mereka atau memberikan Al Qaida basis untuk serangan di luar negeri.

Sumber-sumber suku mengatakan, Houthi telah menemui perlawanan keras saat mereka mendorong menuju desa Kabupaten Khobza dengan menggunakan roket-roket Katuysha dan artileri berat.

Mereka mengatakan setidaknya 25 Houthi dan 10 Ansar al-Sharia serta pejuang suku tewas dalam pertempuran, yang dimulai pada Kamis sore.
Ansar al-Sharia dan sekutunya mundur ke Kabupaten Yakla, di perbatasan dengan Provinsi Maarib.

Pertempuran itu telah memberikan perselisihan Yaman cenderung ke sektarian karena suku Sunni telah berbaris dengan Ansar al-Sharia, afiliasi lokal Al Qaida di Semenanjung Arab (AQAP), yang memandang Syiah seperti Houthi sebagai sesat. (ant/lif)

0 Comments

Leave a Comment

9 + fourteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password