Gawat! Mali Lacak 200 Kontak Korban Ebola

Bamako/Jenewa – Mali kini sedang menelusuri setidaknya 200 kontak terkait dengan dikonfirmasi dan kemungkinan korban Ebola saat pihaknya berusaha untuk mengendalikan wabah Ebola kedua, kata para pejabat kesehatan Sabtu.

Satu kelompok awal kontak terkait dengan bocah dua tahun dari Guinea yang meninggal karena Ebola bulan lalu sudah hampir menyelesaikan masa karantina 21 hari mereka, ketika Mali mengkonfirmasi kasus kedua pekan ini.

Setidaknya empat tersangka kematian Ebola telah terjadi, semua terkait dengan seorang imam yang masuk ke Mali dari tetangga Guinea dan meninggal pada akhir bulan lalu dengan gejala seperti Ebola namun tidak diakui.

Juru bicara Kementerian Kesehatan, Marakatie Dow, mengatakan bahwa seorang wanita telah membantu mencuci tubuh imam saat meninggal pada Kamis di Rumah Sakit Gabriel Toure, Bamako.

Dow mengatakan, hasil tes Ebola awal untuk wanita itu positif, membuat dia orang keempat secara klinis dikonfirmasi kasus ini di Mali, meskipun analisis lebih lanjut akan dilakukan di luar negeri.

“Ada 200 kontak jika kita menambahkan yang terkait dengan kasus wanita ini kemarin,” kata Dow kepada Reuters yang dikutip Antara dan dilansir Covesia.com, Sabtu (15/11/2014).

Seorang juru bicara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan lebih dari 250 kontak sedang ditelusuri di empat lokasi. (ant/lif)

0 Comments

Leave a Comment

5 + 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password