Kuartal Ketiga 2014, PDB Zona Euro Meningkat 0,2 Persen

Brussel – Produk domestik bruto (PDB) disesuaikan secara musiman di zona euro meningkat 0,2 persen pada kuartal ketiga 2014 dari kuartal sebelumnya, dengan dua ekonomi terbesar Jerman dan Prancis terhindar dari resesi baru, menurut perkiraan kantor statistik Eurostat, Sabtu.

Sementara itu, perekonomian di 28 negara Uni Eropa (EU) meningkat 0,3 persen dari kuartal sebelumnya, kata kantor statistik.

Secara teknis, jika dua kuartal berturut-turut PDB turun didefinisikan sebagai resesi, Jerman dan Prancis lolos dari resesi baru.

Data menunjukkan bahwa di ekonomi terbesar Eropa, Jerman, PDB meningkat sebesar 0,1 persen pada kuartal ketiga, menyusul kontraksi 0,1 persen pada kuartal kedua.
Ekonomi Prancis berkembang sebesar 0,3 persen pada periode Juli-September setelah menyusut 0,1 persen pada kuartal sebelumnya.

Sedangkan PDB Italia mencatat kontraksi 0,1 persen pada kuartal ketiga setelah menyusut 0,2 persen pada kuartal sebelumnya, sehingga perekonomian terbesar ketiga zona euro itu terjebak ke dalam resesi baru.

Sebaliknya, sebagian besar negara sekelilingnya terus tumbuh pada tingkat yang relatif kuat dengan ekonomi Yunani mencatat kenaikan 0,7 persen kuartal-ke-kuartal, dan Spanyol di 0,5 persen.

Analisis mengatakan meskipun secara keseluruhan PDB di zona euro tumbuh 0,2 persen lebih kuat dari yang diharapkan, ekonomi blok 18-negara itu tetap lamban dan bisa membutuhkan lebih banyak stimulus.

“Dalam konteks pelonggaran moneter, angka hari ini adalah kekecewaan besar dan menyoroti kebutuhan untuk ekspansi fiskal guna mendukung upaya di sisi moneter,” kata Danae Kyriakopoulou, ekonom di Pusat Penelitian Ekonomi dan Bisnis di Inggris kepada Xinhua yang dikutip Antara dan dilansir Covesia.com, Sabtu (15/11/2014). (ant/lif)

0 Comments

Leave a Comment

5 × three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password