Pembangunan Jalan Dua Kabupaten di Sumbar Dikebut

Pasaman Barat – Pembangunan jalan Kabupaten Pasaman Barat menuju Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat terus dipacu. Jalan penghubung dua kabupaten ini terdapat di Tonang Talamau – Lubuk Sikaping sepanjang 22 kilometer.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pasaman Barat, Ahdiyarsyah ketika ditanya covesia.com, Sabtu (15/11-2014) mengatakan saat ini anggaran Rp2 miliar dikucurkan untuk pengaspalan dan pengerasan jalan dan penyiapan badan jalan sepanjang 800 meter.

Kemudian, ditambah dana Rp1,5 miliar lagi untuk pembangunan tiga unit jembatan. Kini sedang berjalan dan hampir selesai pekerjaannya.

“Pembangunan jalan penghubung dua kabupetan ini kita kebut tapi anggarannya secara bertahap sesuai kemampuan pemerintah,” ujar Ahdiyarsyah.

Dijelaskannya, tahun 2015 pembangunannya terus dilanjutkan, dengan pengaspalan dan pengerasan jalan juga ditambah pembangunan tiga unit jembatan lagi.

Jalan ini merupakan jalan strategis Provinsi Sumatera Barat, sebab jalan alternatif yang akan menghubungkan dua kabupaten. Makanya penanganan atau pembangunannya dilakukan bersama melalui APBD kabupaten dan APBD provinsi.

Jalan penghubung dua kabupetan yang mempunyai panjang 34 kilometer itu dibangun secara bersama. Pemkab Pasaman Barat membangunya sepanjang 22 kilometer dan Pemkab Pasaman sepanjang 12 kilometer.

“Jalan ini akan memperpendek jarak tempuh dan semakin dekat dari Pasaman Barat menuju Pasaman,” sebutnya.

Kalau menggunakan jalur Panti saat ini memakan waktu 2,5 jam perjalanan. Kalau jalan alternatif selesai maka bisa ditempuh dengan waktu 1,5 jam perjalanan”sebutnya. (man/gyi)

0 Comments

Leave a Comment

2 × three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password