Dugaan Illegal Logging Penyebab Banjir Bandang Ditelusuri

Pasaman – Dugaan illegal logging penyebab dari banjir bandang di Jorong Lungguk Batu Nagari Koto Kaciak Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman Sumatera Barat terus ditelusuri. Pasalnya banyak batang kayu yang berserakan dilokasi bencana.

Kepala Dinas Kehutanan Pasaman, Yozarwardi ketika dikonfirmasi covesia.com, Sabtu (15/11-2014) mengatakan tim terpadu hari ini mengecek ke arah hulu dan cathmen areanya. Supaya didapat fakta lapangannya, apakah penyebab banjir karena illegal logging.

“Namun berdasarkan laporan anggota saya yang langsung mengecek ke hutan tidak ditemukan penebangan liar. Dan lokasi itu di Areal Penggunaan Lain (APL), ” kata Yozarwardi.

Menurutnya, adapun kayu yang terbawa banjir ke tengah kampung, adalah kayu hanyut dengan akar-akarnya lengkap dengan batangnya. Hal ini akibat tanah yang terban akibat curah hujan yang sangat tinggi.

Kemudian, lokasi hutan dari tempat bencana jaraknya sekitar dua kilometer. Dan kearifan lokal masyarakat setempat melarang semua aktifitas penebangan di lokasi tersebut.

“Nanti kita memberikan informasi lagi, hasil dari pengecekan dari tim terpadu terkait dengan penyebab banjir ini,” kata Yozarwardi.

Sementara Dandim 0305 Pasaman, Letkol. Inf. NBS. Situmeang mengatakan dugaan sementara penyebab banjir berbagai faktor. Salah satunya diduga adanya aktifitas penebangan liar di wilayah terbut. Namun diperkirakan tidak rutinitas.

“Saya juga melihat banyaknya pohon kayu yang terbawa banjir bandang” kata Letkol. Inf. NBS. Situmeang. (man/gyi)

0 Comments

Leave a Comment

4 + eight =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password