Gawat! Bocah Kecanduan Rokok di Indonesia Jadi Sorotan Dunia

Covesia.com – Apa yang terpikir dalam benak anak jika mendapati seorang anak di bawah 18 tahun telah begitu kecanduang denan rokok? Inilah yang menjadi sorotan media asing, seperti dilansir Mirror.co.uk.

Bocah asal Jawa Barat telah kecanduan rokok sejak usia tiga tahun. Ia DA, kini telah berumur tujuh tahun. Empat tahun sudah ia menghabiskan sekira 16 batang rokok per hari, dan tentunya ini akan menjadi kian parah.

Bahkan ini menjadi gawat, karena DA bukanlah satu-satunya perokok aktif usia anak-anak. Beberapa teman DA di Desa Cicapar, Jawa Barat, sepertinya tidak tertarik dengan permainan tradisional dan lebih memilih menghabiskan waktu dengan isapan rokok.

Bersama tiga temannya, N (11), J (7), D (8), DA menikmati asap rokok dan mirisnya orang tua mereka sama sekali tidak berdaya menghentikan kebiasaan buruk anak mereka.

Jika tidak mendapat jajan, para bocah itu berani mencuri uang dari dompet ibunya untuk membeli rokok.

Seperti yang diduga, kebiasaan buruk DA justru terlahir dari kebiasaan merokok orang tua mereka. Dan sepertinya lagi, ancaman bahaya rokok pada kemasan tidak sedikitpun membuat DA dan teman-temannya merasa takut.

“DA mulai merokok sejak umur tiga tahun. Saat itu ia bisa merokok sampai tiga bungkus rokok. Jika dia tidak diberi uang rokok dia akan marah atau mencuri rokok,” ujar ayah DA, Iyan (36).

Kini DA sudah mengurangi ‘asupan’ rokok dalam sehari, namun sama sekali menolak untuk berhenti.

Ibu DA, Tati(32) juga putus asa untuk menghilangkan kebiasaan buruk anak laki-lakinya itu.

“Jika DA tidak merokok ia menangis. Atau dia merokok diam-diam di ladang dekat rumah,” katanya.

Ini sebuah fenomena mengejutkan. Inilah fenomena dan tren buruk yang terjadi di sebagian Asia Tenggara. Indonesia juga menjadi negara dengan penghasil tembakau terbesar di Asia Tenggara. Indonesia sudah menjadi pasar tembakau terbesar kelima di dunia dan sepertiga dari orang-orang muda telah mencoba rokok sebelum usia 10, sebut Matt Myers, Presiden Lembaga Kampanye Anak Bebas Rokok.

Matt mengatakan,apa yang terjadi di Indonesia kondisi yang sangat buruk.

“Ini adalah kegagalan pemerintahan dalam melindungi anak-anak dari serangan industri rokok yang memasarkan produk-produknya sejak 60 tahun lalu,” kata Matt.

Apa sikap pemerintah jika mengetahui hal ini masih ada? (rud)

0 Comments

Leave a Comment

six − 6 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password