IPW: Penyidik Polri di KPK Jangan Mundur dari Polri

Jakarta – Sejumlah penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana akan mengundurkan diri dari kepolisian. Mereka berkeinginan untuk menjadi penyidik KPK tanpa berstatus anggota Polri. Namun penyidik kepolisian itu harus mengajukan pengunduran diri ke Korps Bhayangkara dan juga mesti mendapatkan persetujuan Kapolri terlebih dahulu.

Indonesia Police Watch (IPW) mendata ada sekitar 18 penyidik KPK yang berniat mengundurkan diri sebagai anggota polisi. Keinginan alih status penyidik itu juga tak mendapatkan persetujuan dari pihak keluarga. “Mereka (pihak keluarga, red) lebih bangga menjadi polisi ketimbang penyidik PNS di KPK. Apalagi, sejak awal masuk Akademi Kepolisian mereka ingin jadi perwira Polri dan bukan penyidik PNS,” jelas Ketua Presidium IPW Neta S Pane di Jakarta, Sabtu (15/11/2014).

Neta mengungkapkan, pengunduran 18 penyidik itu sebagai anggota Polri sudah diajukan kepada Kapolri sejak dua bulan lalu. Alasan pengunduran diri itu karena mereka ingin menetap bertugas di KPK. “Hingga saat ini belum ada jawaban dari Kapolri,” ujarnya. Ke-18 penyidik itu adalah perwira berpangkap Komisaris Polisi (Kompol) dan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) yang telah bertugas selama tiga hingga lima tahun di KPK.

Tampaknya elit-elit pimpinan Polri maupun KPK tak bersikap apapun terhadap rencana pengunduran diri penyidik itu. Tentunya ini untuk menjaga hubungan kedua lembaga agar tetap kondusif. Sebelumnya, Polri dan KPK sempat memburuk sejak mencuatnya kasus dugaan korupsi proyek pengadaan alat simulator SIM di tubuh Polri yang ditangani KPK.

“Sebaiknya 18 orang penyidik itu membatalkan niatnya untuk mundur dari Polri yang suatu saat bisa kembali bertugas di kepolisian. Mereka yang ditugaskan di KPK itu justru harus menjadikannya sebagai “kawah candradimuka” untuk perubahan moral dan mental polisi sebagaimana konsep Revolusi Mental Presiden Joko Widodo,” pungkasnya. (hat/cal)

0 Comments

Leave a Comment

one × five =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password