Ratusan Rumah di Rohul Terendam Banjir

Rokan Hulu – Ratusan rumah di beberapa dusun di Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, hingga Minggu masih terendam banjir akibat derasnya curah hujan belakangan ini. Derasnya curah hujan dalam dua pekan terakhir, setidaknya menyebabkan 211 rumah di Kunto Darussalam terendam banjir dan hingga kini genangan airnya belum juga surut.

Menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul, rumah yang masih terendam yaitu sekitar 100 unit milik warga Dusun Pelanduk Kelurahan Kota Lama, 85 rumah di RW 04 dan 15 rumah di RW 05. Banjir juga merendam sekitar 111 rumah warga RW 04 Sei Kuti Jaya. “Ketinggian air masih antara 60 centimeter hingga 80 centimeter,” kata Kepala Pelaksana BPBD Rohul Aceng Herdiana, Minggu.

Dia mengungkapkan beberapa perahu fiber bermesin telah disiagakan di daerah yang masih terendam banjir. Perahu tersebut akan digunakan sebagai alat transportasi para korban banjir di daerah itu. “Petugas dari BPBD, TNI dan Polri, Dinas Kesehatan, PMI dan relawan juga sudah siaga di sana sejak kemarin,” ungkapnya.

Hingga Minggu, sekitar tujuh kepala keluarga mengungsi dengan menggunakan tenda Dome bantuan BPBD. Tenda sengaja dibangun di pinggir jalan, di depan rumah para korban banjir. “Mereka minta agar tenda dibangun di pinggir jalan depan rumah, sehingga mereka bisa memantau keadaan sehari-hari,” jelasnya.

Dia juga mengatakan sejauh ini Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui BPBD Rohul telah menyalurkan bantuan makanan siap saji kepada para korban banjir. Selain itu, dia juga mengakui bahwa pihak dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Rohul sendiri telah menyalurkan bantuan berupa Sembako kepada korban banjir, termasuk bantuan dari PT Eka Dura Indonesia. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

fifteen − 6 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password