Duet Rooney-Welbeck Lumat Slovenia 3-1

London – Wayne Rooney menandai laga ke-100 bersama Timnas Inggris dengan torehan satu gol saat menjamu Slovenia dalam kualifikasi Euro 2016 Grup E di Stadion Wembley, Minggu (16/11/2014). Ditambah dua gol Danny Welbeck dan gol bunuh diri Jordan Henderson, Inggris akhirnya menundukkan tamunya 3-1.

Setelah bermain menjemukan di babak pertama, tuan rumah justru dibuat terhenyak di depan 82 ribu fansnya saat Jordan Henderson membuat gol bunuh diri pada menit ke-57 lewat sundulannya yang melewati kepala Joe Hart dari situasi tendangan bebas Slovenia.

Namun, hanya dua menit berselang, Rooney melepaskan sepakan penalti yang keras pada menit ke-59 setelah ia dilanggar kapten Slovenia Bostjan Cesar.

Dengan torehan itu, kapten Inggris tersebut sukses menyamai rekor pencetak gol peringkat ketiga terbanyak untuk Inggris bersama Jimmy Greaves dengan koleksi 44 gol. Ia hanya tertinggal lima gol dari rekor gol terbanyak Inggris sepanjang masa yang digenggam Bobby Charlton dengan 49 gol.

Inggris mengamankan kemenangan dengan dua gol dari Danny Welbeck, yang mencetak gol pada menit ke-66 melalui sepakan kaki kiri, sebelum mengubah skor menjadi 3-1 enam menit kemudian melalui pembangunan permainan yang dipuncaki dengan operan satu-dua dengan Raheem Sterling. Ia sekarang telah mencetak lima gol dari empat penampilan terakhirnya untuk Inggris.

Kemenangan ini menjaga start sempurna Inggris pada kualifikasi, dan mereka memuncaki klasemen dengan 12 angka dari empat pertandingan pembukaan.

Slovenia berada di peringkat kedua dengan enam angka dari empat pertandingan, dan meski mereka bermain lebih berani pada babak kedua, mereka tidak memberi ancaman berbahaya pada 45 menit pembukaan.

Satu-satunya upaya nyata sebelum turun minum terjadi ketika Jasmin Kurtic memaksa kipernya Samir Handanovic melakukan penyelamatan untuk mencegah terciptanya gol bunuh diri.

Malam itu dimulai ketika Rooney mendapatkan penghargaan simbolis untuk menandai penampilan ke-100nya untuk timnas yang diberikan oleh Bobby Charlton sebelum pertandingan dimulai, namun itu hanya kenangan sebelum Slovenia memimpin terlebih dahulu.

Tuan rumah, yang kurang menyerang sebelum turun minum, tiba-tiba tampil lebih baik pada menit ke-59 ketika Rooney memicu kebangkitan mereka setelah tim tamu mencetak gol pertama, yang sekaligus merupakan gol pertama yang bersarang di gawang Inggris sepanjang kualifikasi.

Rooney menggiring bola melalui pertahanan sampai ia dijatuhkan Cesar, yang melakukan penampilan ke-81nya untuk negaranya untuk menjadi pemain dengan koleksi penampilan timnas terbanyak untuk Slovenia.

Tangan Handanovic sempat mengenai bola penalti Rooney, namun ia tidak mampu mencegahnya masuk ke gawang.

Welbeck, yang bekerja keras bersama Rooney di lini depan, memastikan raihan tiga angka dan pemain Inggris lainnya yang tampil bagus dan layak mendapat pujian adalah debutan Nathaniel Clyne, yang tampil gemilang di posisi bek kanan. (ant/rio)

0 Comments

Leave a Comment

7 + eighteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password