Analis: Ketegangan Rusia-Barat Meningkat

Moskow – Kepulangan lebih dini Presiden Rusia Vladimir Putin dari KTT G20 di Australia setelah sambutan dingin dunia Barat bakal makin memanaskan hubungan Rusia-Barat dan memicu pertempuran baru di Ukraina, kata para analis seperti dikutip AFP.

Para pemimpin Barat kompak menekan Putin pada KTT 20 di Brisbane, di antaranya Perdana Menteri Australia Tony Abbott yang menagih Putin untuk “menebus” ditembak jatuhnya Malaysia Airlines MH17 di Ukraina timur dan Perdana Menteri Inggris David Cameron yang mengatai Putin “penggertak”.

Para analis mengatakan kemarahan Putin yang tergambar jelas akibat perlakuan dari para pemimpin Barat kepadanya itu dapat memperburuk krisis di Ukraina.

“Jika dia pergi karena jengkel, maka tunggulah pertempuran di Ukraina bisa makin menjadi-jadi,” kata analis independen Stanislav Belkovsky kepada AFP.

Putin yang selalu membanggakan stamina tubuhnya itu malah mengaku perlu tidur dan penerbangan jauh balik ke negerinya, sebagai alasan meninggalkan KTT G20 sebelum komunike final diumumkan.

Di Brisbane, para pemimpin Barat mengancam Putin dengan sanksi baru jika pertempuran di Ukraina berlanjut. (ant/lif)

0 Comments

Leave a Comment

6 + twelve =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password