Jaksa Dalami Dugaan Korupsi Sebesar 16 Miliar di Puswil Riau

Pekanbaru – Aparat Kejaksaan Negeri (Kajari) Pekanbaru, kini sedang mendalami, dugaan korupsi di Perpustakaan Wilayah (Puswil) Provinsi Riau. Sejumlah pejaat terkait kasus dugaan korupsi ini sedang diperiksa.

”Kini kasusnya terus didalami dan kemungkinan merugikan negara sebesar ratusan juta itu, ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pekanbaru Edy Birton SH MH, sebagaimana dilaporkan goriau, dilansir covesia.com, Senin (17/11/2014). Kasus dugaan korupsi dalam pengadaan buku diperpustakaan wilayah yang diduga ada penyimpangan anggaran sebesar Rp6 miliar lebih. “Kasusnya masih penyelidikan. Saksi-saksi sudah kita periksa,” ujar Edi.

Dari keterangan saksi-saksi yang telah diperiksa, penyidik Kejari Pekanbaru harus menemukan 2 alat bukti yang cukup untuk menetapkan tersangka dan menaikan kasusnya dari penyelidikan ke tingkat penyidikan. “Jadi kita perlu pendalaman lagi,” terang mantan Kajari Painan Sumatera Barat (Sumbar) ini.

Dari hasil pengumpulan data yang dilakukan penyidik, ditemukan kemungkinan terjadinya penyimpangan anggaran sebesar Rp6 miliar lebih yang bersumber dari dana APBD murni Provinsi Riau tahun 2012. Adanya indikasi korupsi pengadaan buku tersebut tidak sesuai dengan kontrak. Seperti jumlah buku yang dianggarkan tidak sesuai dengan kenyataan, serta adanya mark up harga. (adt/cal)

0 Comments

Leave a Comment

13 + 7 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password