Jabar Bahas Kenaikan Tarif Angkutan Umum

Bandung – Kendati kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) belum ditetapkan pemerintah, namun Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah membahas kenaikan tarif ideal angkutan umum. Hal itu sebagai langkah cepat ketika harga BBM ditetapkan naik oleh pemerintah pusat.

“Persiapan kami seperti tarif, kalau naik (BBM) sekian, tarif sekian, sudah bisa ditetapkan,” kata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Bandung, Senin (17/11/2014).

Ia menuturkan, penetapan tarif angkutan umum memang seharusnya cepat dilakukan agar tidak ada pihak yang dirugikan. Jika penetapan tarif lambat khawatir ada tindakan yang menaikan tarif sendiri tanpa ada kajian dan kesepakatan bersama.

“Jadi ketika malam kenaikan, pagi sudah ada, bisa langsung ada pedoman supaya tidak menaikkan sendiri,” katanya. Gubernur mengatakan, pemerintah daerah masih menunggu kebijakan pemerintah pusat terkait kenaikan BBM.

Menanggapi berbagai persoalan kebijakan itu, Gubernur enggan berkomentar, karena urusannya pemerintah pusat. “Saya tidak bisa berkomentar, ini urusan pusat bukan urusan kami,” katanya.

Ia menegaskan, belum ada koordinasi dengan pemerintah pusat untuk melakukan langkah persiapan kenaikan BBM itu. Pihaknya, siap melakukan langkah sosialisasi kepada masyarakat terkait kebijakan kenaikan BBM. “Tinggal sosialisasinya, kami belum ada koordinasi sampai hari ini,” katanya. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

five × 4 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password