10 TKI dan Dua Balita Dideportasi dari Malaysia

Batam – Otoritas Malaysia kembali mendeportasi 10 wanita dewasa tenaga kerja Indonesia bermasalah dan dua balita melalui Pelabuhan Internasional Batam Centre, Batam, Kepulauan Riau.

“Rata-rata mereka masuk ke Malaysia resmi, namun dokumennya tidak diperpanjang atau mengalami masalah dengan majikannya dan melarikan diri,” kata Petugas Pendamping TKI Bermasalah Kementerian Sosial, Febriana di Batam, Senin (17/11/2014).

Saat ini, kata dia, mereka ditampung di Rumah Singgah Sementara Dinas Sosial Kota Batam, Sekupang menunggu pemulangan ke kampung halaman. “Rencananya Rabu (19/11) mereka akan dipulangkan dari Batam menuju Jakarta dengan KM Kelud milik PT Pelni,” kata dia.

Febriana mengatakan, sebelum dideportasi ke Indonesia ke 10 TKI dan dua balita sempat mendapat perlindungan di Konsulat Jenderal Republik Indonesia Johor Bahru Malaysia.

TKI tersebut, kata Febriana, berasal dari Nusa Tenggara Timur, Jawa Tengah dan Lampung yang rata-rata bekerja sebagai penata laksana rumah tangga di Malaysia.

“Dari Jakarta, mereka nantinya akan didata di Kementerian Sosial. Selanjutnya mereka akan diantar oleh petugas ke kampung halaman masing-masing,” kata dia.

Sebelumnya, pada 7 Juli, Malaysia juga mendeportasi 16 TKI bermasalah melalui Batam. Selanjutnya pada 14 April 2014 sebanyak 16 TKI dewasa bermasalah juga dipulangkan melalui Batam dengan kasus serupa. Senin (6/5), Malaysia juga mendeportasi enam TKI bermasalah melalui Pelabuhan Internasional Batam Centre dengan kasus serupa.

“Kalau dihitung, sejak awal tahun sudah lebih seratus yang dideportasi melalui Batam. Tak jarang, TKI yang dideportasi juga membawa anak-anaknya yang masih bayi. Kecuali yang dipulangkan Jumat malam, semua sudah diantar sampai kampung halaman,” kata Febriana.

Selain melalui Batam, TKI bermasalah juga sering dideportasi melalui Tanjungpinang yang juga memiliki pelayaran langsung ke Malaysia. “Yang melalui Tanjungpinang jauh lebih banyak. Biasanya sekali deportasi bisa ratusan atau ribuan,” kata dia. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

eleven − 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password