BBM Naik, Harga Cabai Melonjak Tinggi di Sumbar

Pariaman – Pasca kenaikan harga BBM bersubsidi yang diumumkan oleh Presiden Jokowi, Senin (17/11/2014), membuat harga cabai mengalami kenaikan di Sumatera Barat (Sumbar). Harga cabai giling dibeberapa pasar tradisional di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman naik dari Rp 60.000/Kg menjadi Rp 80.000/Kg – 90.000/Kg.

Para pedagang cabai di Pasar Pariaman menyatakan bahwa kenaikan harga memang harus dilakukan. Hal ini berkaitan dengan kenaikan harga BBM bersubsidi yang mulai naik hari ini, Selasa (18/11/2014). “Karena BBM naik, mau tak mau kami harus menaikan harga jual cabai ini,” kata Ajo Wan kepada covesia.com.

Ia menambahkan, bahwa kenaikan harga sebenarnya telah terjadi sebelum pengumuman keniakan BBM di umumkan. Namun, kenaikan harga BBM terpaksa membuat pedagang harus menaikan harga cabai sekali lagi. Akibat kenaikan ini, sejumlah pembeli terpaksa membatasi belanjaan mereka.

Kenaikan harga cabai juga terjadi di Pasar Raya Padang. Cabai dijual dengan harga kisaran, 90 ribu-100 ribu perkiligram. Tak hanya cabai merah, cabai rawit juga mengalami kenaikan di Padang. Cabai rawit dijual dikisaran Rp36 ribu perkilogram. Menurut pedagang, sejak kenaikan harga cabai dan disusul kenaikan BBM, banyak ibu rumah tangga yang beralih ke cabai rawit dan mengurangi pembelian cabai. (adi/cal)

0 Comments

Leave a Comment

five + six =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password