Awal Januari 2015, Banjir Diprediksi Terjadi di Jakarta

Jakarta – Curah hujan diprediksi akan tinggi pada Desember 2014 mendatang. Tingginya curah hujan itu juga diperkirakan banjir akan terjadi sekitar minggu ketiga Januari 2015.

Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Tri Budiarto menyebutkan, curah hujan di wilayah Jakarta diperkirakan 100-200 mm per hari.

“Ancaman banjir pada minggu ketiga Januari tersebar di 37 kecamatan dan 125 kelurahan di Jakarta,” kata Tri kepada wartawan di Jakarta, Selasa (18/11), pada acara jumpa pers ‘Penanganan Bencana Asap dan Banjir Nasional, khusus di Jakarta’.

Disampaikan Tri, jumlah penduduk yang terdampak banjir diperkirakan sekitar 276.999 jiwa. Penduduk yang jiwanya terancam diperkirakan sekitar 20 orang, penduduk yang sakit sekitar 19.304 orang. Bahkan jumlah pengungsi diperkirakan sekitar 122.417 orang.

Menghadapi kondisi banjir di Jakarta itu, BNPB telah melakukan persiapan. Diantaranya membangun tanggul pengaman rob di daerah Kamal Muara, Muara Baru, Kali Baru, Martadinata dan Muara Angke. “Upaya lainnya membangun sumur resapan serta pengerukan sungai, waduk dan normalisasi kali seperti di Kali Pesangrahan, Kali Angke, Kali Sunter dan revitalisasi Kali Ciliwung,” papar Tri.

Dikatakan, Kementerian Sosial (Kemensos) juga memastikan stok logistik di semua daerah rawan banjir dan longsor.

Kemensos bakal menyiapkan cadangan beras pemerintah untuk masing-masing kota dan kabupaten sebanyak 100 ton dan 200 ton untuk provinsi. “Apabila terjadi kekurangan, bisa mengajukan permintaan ke pusat,” ucapnya.

Begitu juga dengan Badan SAR Nasional (Basarnas), kata Tri, sudah menyiapkan tim dengan perlengkapan dan peralatan penyelamatan serta pertolongan di semua kantor SAR di daerah. “TNI dan Polri juga siap membantu di daerah bencana sesuai wilayah kerja masing-masing,” tandas Tri. (hat/cal)

0 Comments

Leave a Comment

17 + two =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password