Terkait Dugaan Korupsi, UEFA Ancam Keluar dari FIFA

London – Mantan ketua Federasi Sepakbola Inggris (FA), David Bernstein mendesak agar negara-negara Eropa memboikot pelaksanaan Piala Dunia 2018, jika FIFA tidak melakukan reformasi besar-besaran.

FIFA, federasi tertinggi sepakbola dunia, saat ini terindikasi melakukan suap saat menunjuk Rusia dan Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022.

Pengacara asal Amerika Serikat, Michael Garcia melakukan penyelidikan terkait tindakan korupsi tersebut. Ia ingin laporan itu dibuka kepada publik, tapi FIFA menolaknya.

UEFA akan menggelar sebuah rapat darurat yang mempertemukan 54 anggota pada tanggal 1 dan 2 Desember 2014 mendatang. Rapat itu akan membahas keputusan mereka untuk keluar dari FIFA.

Presiden federasi sepakbola Jerman, Reinhard Rauball, menegaskan, FIFA harus transparan dalam mengungkap laporan tersebut, atau resikonya kehilangan dukungan dari UEFA.

“Jika hal ini tidak terjadi dan krisis tidak bisa diselesaikan dengan cara yang santun, anda harus mempertanyakan itu meskipun, anda masih berhubungan baik dengan FIFA,” ucap Rauball, dilansir Daily Star.

“Satu pilihan yang harus dipertimbangkan dengan serius adalah UEFA meninggalkan FIFA.”

Bernstein, yang pensiun dari federasi sepakbola Inggris tahun lalu, menyatakan, negara-negara di Eropa harus bersatu untuk memboikot Piala Dunia 2018 di Rusia. (rio)

0 Comments

Leave a Comment

7 + 14 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password