Mabes Polri Ungkap Penimbunan BBM Jenis Solar

Jakarta – Kepala Subdit V Tindak Pidana Tertentu, Komisaris Besar Polisi Agus Santoso, mengatakan pihaknya berhasil mengungkap beberapa kasus penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar yang terjadi di Jakarta Utara.

“Bulan ini kami berhasil ungkapkan penimbunan solar di Semper Timur, Kecamatan Cilincing Marunda Jakarta Utara,” katanya saat jumpa pers di Bareskrim Polri Jakarta, Selasa (18/11/2014).

Menurut Agus, saat ini pihak Bareskrim telah menangkap yang menimbun BBM tersebut dan telah dijadikan tersangka dengan inisial “S”. Saat dilakukan penyelidikan di lokasi “S”, ditemukan 32 ribu liter Solar.

Dari keterangan yang diperoleh dari tersangka BBM tersebut memperoleh BBM dari sisa-sisa tangki kapal serta pengangkutan BBM resmi, kemudian dijual kepada dan dikumpulkan “S” untuk dijual.

“S mengaku kalau solar tersebut dijual dengan harga Rp6 ribu, lalu dijual dengan harga Rp7 ribu sampai Rp9 ribu.” kata Agus.

Kepada tersangka S Agus menyatakan dikenakan sanksi pasal 53 UU no 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi. “Selain karena penimbunan, S juga tidak memiliki surat izin untuk membuka usahanya,” ujar Agus.

Agus menambahkan, “S” ditangkap pada Selasa, (10/11) lalu dan dari hasil pemeriksaan kegiatan tersebut telah dilakukan semenjak 2013.

Disamping itu Agus juga menyatakan, selama 2014 kepolisian Republik Indonesia telah mengungkap kasus-kasus penimbunan BBM sebanyak 350 kasus sedangkan tersangkanya berjumlah 392 yang tersebar mulai dari Polda Aceh dan Papua. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

1 × 4 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password