Ahli Geologi: Jalan Lintas Sumbar-Riau Putus Karena Tingginya Intensitas Hujan

Padang – Arus lalu lintas dari dan menuju Sumatra Barat putus total, karena terjadinya longsor di badan jalan, tepatnya di jalan Tanjung Pauh, Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat.(18/11/2014)

Hujan deras yang turun di daerah tersebut mengakibatkan jalan raya yang menghubungkan dua provinsi tersebut amblas dan longsor sehingga tidak bisa dilewati kendaraan roda dua, maupun roda empat.

Menurut Kepala Ikatan Ahli Geologi Sumatra Barat, Ade Edwar, yang dihubungi covesia mengatakan amblasnya jalan tersebut disebabkan topographi jalan itu terjal dan dibangun oleh tanah yang belum terkonsolidasi serta kontruksi jalan yang kurang kuat.

“Tanah longsor yang terjadi di daerah Tanjung Pauh itu biasa, ini hanya disebabkan curah hujan yang sangat tinggi,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, akibat tingginya intensitas hujan beberapa hari ini mengakibatkan amblasnya jalan lintas Sumbar-Riau KM 201 Tanjung Pauh Kec.Pangkalan Koto Baru Kabupaten 50 Kota Sumatra Barat.

Pihak Pemkab dan Provinsi telah melakukan penanganan darurat dengan menerjunkan beberapa alat berat. Kondisi terkini pasca amblas, jalan lintas tersebut sudah bisa dilewati kendaran roda dua dengan jalur khusus. (and/lif)

0 Comments

Leave a Comment

one × 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password