Harga Sejumlah Bahan Pokok di Solok Naik

Solok – Kebijakan pemerintah menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) memicu kenaikan harga kebutuhan barang pokok di Pasar Raya Kota Solok, Sumatera Barat (Sumbar).

Dari pantauan di Pasar Raya Solok, Selasa (18/11/2014), melaporkan sejumlah kebutuhan barang pokok, seperti, cabe merah, tomat dan beras, menunjukan peningkatan drastis.

Harga cabe merah di Pasar Raya Solok, mencapai harga Rp100 ribu per kilogram, sementara pada hari sebelumnya harga tersebut hanya berkisar Rp75 ribu sampai Rp80 ribu per kilogram. Harga Tomat yang sebelumnya dihargai Rp8 ribu per kilogram, pada hari ini melonjak seharga Rp12 ribu per kilogram.

Sementara untuk harga beras tidak terlihat melambung tinggi, hanya meningkat Rp1.000 dari harga sebelumnya, seperti beras Anak Daro atau Sokan sebelumnya dihargai Rp11.000 per kilogram, pada hari ini meningkat menjadi Rp12.000 per kilogram, beras Banag Pulau sebelumnya Rp10.000 menjadi Rp11.000 per kilo gramnya, sementara itu, beras Sari Baganti sebelumnya seharga Rp9.000 menjadi Rp10.000 per kilogram.

Titi (58), salah seorang pedagang cabe merah di Pasar Raya Solok mengatakan, dia terpaksa menaikan harga dagangannya, mengingat pada pembelian stok berikutnya pemasok sudah pasti menaikan harga barang tersebut.

Apalagi, tambahnya, pasokan cabe merah sangat minim dan susah untuk didapatkan. Selain masyarakat, dampak kenaikan BBM yang memicu melonjaknya harga kebutuhan barang pokok juga sangat dirasakan oleh para pelaku usaha rumah makan.

Pengakuan Edi (58), salah seorang pengusaha rumah makan di pasar Solok, dia kesulitan untuk menaikan tarif harga makan per porsinya. Pasalnya dia ketakutan kehilangan pelanggan. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

9 + 14 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password