Penyelidikan Kejahatan MH 17, Malaysia Tak Dilibatkan

Kuala Lumpur – Tim Penyelidikan Gabungan (JIT) yang dipimpin Belanda melakukan penyelidikan kriminal atas jatuhnya penerbangan MH17 Malaysia Airline.

Namun dalam penyelidikan tersebut, Malaysia tidak diundang secara resmi untuk bergabung.

Sementara Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai mengatakan bahwa Malaysia harus menjadi bagian dari tim investigasi kriminal tersebut.

Menurut Duta Besar Malaysia untuk Belanda Dr Fauziah Mohd Taib kepada media setempat, yang dirilis covesia, Selasa (18/11/2014), meskipun para pekerja yang dipimpin Belanda sudah mulai menyisir lokasi kecelakaan di Ukraina, tapi dalam hal ini Malaysia belum diundang untuk bergabung.

Dia mengatakan Malaysia tidak diundang untuk bergabung dengan pekerjaan penemuan puing-puing yang dilakukan di lokasi, mungkin karena masih tidak aman untuk berada di sana.

Selama kunjungannya ke Malaysia pada 5 November, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengatakan, bahwa itu logis bagi Malaysia untuk diberikan peran yang lebih menonjol dalam penyelidikan.

Hal ini disebabkan tingginya jumlah orang Malaysia yang meninggal dan karena MH17 adalah pesawat yang terdaftar Malaysia.

Duta Besar Malaysia untuk Ukraina Chuah Teong Ban percaya bahwa Malaysia tidak akan diizinkan untuk memeriksa puing-puing kecuali menjadi bagian dari tim investigasi kriminal. (gyi)

0 Comments

Leave a Comment

thirteen + four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password