Hari Ini Organda Mogok Nasional

Jakarta – Hari ini, Rabu (19/11/2014) Organisasi Angkutan Darat (Organda) berencana menggelar aksi mogok nasional, akibat kenaikan BBM Bersubsidi.

Ketua Umum DPP Organda, Eka Lorena Surbakti sebelumnya menyampaikan aksi mogok nasional ini, menyusul telah diumumkannya kenaikan BBM bersubsidi oleh pemerintah.

Untuk Kota Padang, belum ada informasi pasti perihal rencana mogok. Karena kondisi di Kota Padang, Senin (17/11/2014) malam ketika harga BBM bersubsidi diumumkan naik oleh Presiden Joko Widodo, esok paginya para sopir kendaraan umum langsung berinisiatif menaikan tarif angkot sebesar 30 persen atau Rp1.000.

Kenaikan tarif ini pun akhirnya juga disepakati bersama Organda setempat. Seperti yang disampaikan Ketua Organda Padang, Yul Akhyari, bahwa pihaknya telah menetapkan kenaikan tarif angkot sejumlah Rp1.000.

Dari tarif angkot berjumlah Rp3.000 untuk orang dewasa, naik menjadi Rp4.000. Sementara untuk pelajar dari Rp2.000 menjadi Rp3.000.

Di DKI Jakarta pun, Organda setempat belum ada informasi untuk ikut mogok, begitu juga dengan sejumlah daerah lainnya di Indonesia.

“Ini wujud keprihatinan kami atas naiknya harga BBM subsidi untuk angkutan umum. Mogok operasi ini dari Sabang hingga Merauke,” kata Ketua Umum DPP Organda, Eka Lorena Surbakti.

Sementara di Kota Bandung, angkutan umumnya tetap beroperasi secara normal. Sebab, Walikota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan kepada media bahwa pihaknya sudah mengadakan kesepakatan menaikan tarif.

Kenaikan tarif angkot di Kota Bandung, sama dengan Kota Padang, sebesar 30 persen yakni Rp1.000.

Di Pekanbaru, kenaikan tarif juga Rp1.000 dan telah diberlakukan pasca kenaikan BBM. Bahkan di daerah itu, kenaikan tarif sempat diwarnai aksi protes oleh penumpang. (gyi)

0 Comments

Leave a Comment

19 − six =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password