PT Semen Padang Raih Juara I PEEN 2014

Padang – PT Semen Padang kembali meraih juara I Penghargaan Efisiensi Energi Nasional Tahun (PEEN) 2014 untuk kategori Manajemen Energi di Industri dan Bangunan Gedung dengan sub kategori Industri Besar dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

“Penghargaan ini pantas disyukuri. Ini membuktikan bahwa program efisiensi energi yang dilakukan di PT Semen Padang mendapat pengakuan di tingkat nasional dan internasional,” kata Direktur Produksi PT Semen Padang, Agus B Nurbiantoro seperti dikutip covesia.com dari semenpadang.co.id, Rabu (19/11/2014).

Agus B Nurbiantoro mengatakan, keberhasilan PT Semen Padang meraih berbagai penghargaan itu tidak terlepas dari komitmen yang tinggi dari perusahaan dalam melakukan penghematan energi di segala aspek.

Agus merinci, efisiensi yang telah dicapai Semen Padang sejak 2010 hingga 2013 adalah, penghematan konsumsi energi per ton semen sebesar 10 %, penghematan konsumsi air per ton semen sebesar 28 %, peningkatan rasio air sirkulasi sebesar 12 %, dan penurunan emisi Specific Net CO2 per ton semen ekivalen sebesar 8 %.

Konsumsi energi di PT Semen Padang terbagi ke dalam dua jenis energi, yakni energi panas dan energi listrik. Energi panas dimanfaatkan untuk proses pembakaran sedangkan energi listrik digunakan untuk operasional peralatan pabrik. Energi panas berasal dari batubara dan solar. Sedangkan energi listrik berasal dari PLN dan pembangkit sendiri seperti WHRPG, PLTD, dan PLTA.

“Penghematan energi menjadi hal yang sangat penting karena industri semen merupakan industri dengan konsumsi energi yang besar. Berbagai program untuk meningkatkan efisiensi energi telah direncanakan dan diimplementasikan. Program-program tersebut telah memberikan hasil yang signifikan. Penghematan energi yang dicapai senantiasa meningkat dari tahun 2010 (1 %), 2011 (5 %), 2012 (9 %),dan 2013 (10 %),” jelas Agus Boing.

Pada tahun lalu, PT Semen Padang juga berhasil meraih PEEN 2013 untuk kategori Manajemen Energi pada Industri dan Bangunan Gedung Industri dengan sub kategori Inovasi Khusus. Setelah meraih penghargaan ini, PT Semen Padang diusulkan Kementerian ESDM ke ajang Asean Energy Awards 2014. Pada ajang di tingkat regional ini, PT Semen Padang juga sukses sebagai pemenang. (bim)

0 Comments

Leave a Comment

8 − 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password