Presiden Tunjuk Amien Sunaryadi jadi Kepala SKK Migas

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Amien Sunaryadi, mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Menteri ESDM Sudirman Said yang mengumumkan penunjukan Amien Sunaryadi itu seusai bersama Menteri BUMN Rini Soemarno diterima Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (19/11), mengatakan, salinan Keppres pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan SKK Migas telah diterimanya pada Selasa (18/11) malam.

Keppres tersebut, menurut Sudirman, keputusan nomor satu memberhentikan Rudi Rubiandini sebagai kepala SKK Migas, terhitung mulai 22 April 2014. Dengan demikian, Rudi Rubiandini sudah berhenti permanen.

Melalui Keppres tersebut, Presiden Jokowi memberhentikan Johannes Widjonarko sebagai pelaksana tugas kepala SKK Migas dan mengangkat Amien Sunaryadi sebagai Kepala SKK Migas. “Saat keppres diterbitkan, Bapak Amin Sunaryadi sudah bisa bekerja sebagai Kepala SKK Migas yang baru, permanen,” kata Sudirman.

Sudirman menjelaskan, Amien Sunaryadi terpilih melalui proses seleksi yang dilakukan oleh Komite Pengawas SKK Migas, dan melibatkan pihak ketiga. Hasil seleksi yang mengerucut kepada dua nama kemudian disampaikan kepada Presiden Jokowi untuk ditetapkan dengan Keputusan Presiden.

“Melalui Keppres Nomor 189/M/2014 tanggal 18 November 2014, Bapak Presiden menunjuk Bapak Amien Sunaryadi sebagai Kepala SKK Migas,” terang Sudirman.

Menurut Sudirman, Amien Sunaryadi dipilih karena sebagai seorang yang bertipe pejuang. “Beliau sebagai orang yang sangat concern pada sistem kelembagaan sangat dibutuhkan SKK Migas,” kata Sudirman seraya menyebutkan, tugas penting Kepala SKK Migas yang baru adalah membangun kepercayaan masyarakat. (bim/rel)

0 Comments

Leave a Comment

20 − thirteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password