Prof. Sahetapy: Pemerintahan Jokowi Ibarat Cuci Piring Amis

Jakarta – Ketua Komisi Hukum Nasional (KHN) RI Prof Dr JE Sahetapy menyatakan, banyak pekerjaan rumah (PR) di bidang hukum yang harus diselesaikan oleh pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). PR di bidang hukum merupakan peninggalan dari pemerintahan sebelumnya.

“PR Presiden Jokowi dibidang hukum ibarat mencuci piring yang berbau amis. Artinya, pemerintahan SBY meninggalkan permasalahan hukum yang cukup kompleks,” ungkap Sahetapy dalam acara Dialog Hukum yang bertemakan “Pekerjaan Rumah Bidang Hukum Pemerintahan. Jokowi-JK di Jakarta, Rabu (19/11/2014).

Menurut Sahetpy, ada dua persoalan besar di bidang hukum yang harus diselesaikan Presiden Jokowi. Yakni, pemberantasan korupsi dan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). “Saya kurang yakin permasalahan hukum itu bisa diselesaikan Presiden Jokowi dalam lima tahun mendatang,” katanya.

Sahetapy menilai pembiaran pelanggaran HAM di era SBY bahkan dengan frekuensi menakjubkan. Mustahil alat-alat negara dan penegak hukum tidak tahu apalagi presiden SBY mengenai pelanggaran HAM di Indonesia. Sementara SBY begitu cepat merespon terjadinya pelanggaran HAM di Miami, Amerika Serikat.

“Ini disebut politik pencitraan yang mencla-mencle. Bahkan kasus HAM yang sudah inkracht oleh MA tak digubris SBY sebagai presiden,” sebut Sahetapy dengan gaya khas yang mengkritik.

Di bidang pemberantasan korupsi, Sahetapy menilai, kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) cukup menyolok dan seakan-akan masalah korupsi belum akan berakhir. Banyak pejabat negara baik di daerah maupun di pusat dan anggota parlemen yang terjerat kasus korupsi.

Banyaknya kasus korupsi yang ditangani KPK membuat banyak pihak ingin melemahkan lembaga tersebut. Bahkan tak jarang juga ingin membubarkan lembaga antikorupsi itu. “Kalau ada yang berupaya demikian, saya orang yang pertama menentang pihak-pihak yang ingin menghancurkan KPK,” tegasnya. (hat/cal)

0 Comments

Leave a Comment

5 × two =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password