Profil Amien Suryadi, Mantan Pimpinan KPK yang Jadi Kepala SKK Migas

Jakarta – Presiden Joko Widodo menunjuk mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Amien Sunaryadi sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas.

Menteri ESDM Sudirman Said dalam konperensi pers di Jakarta, Rabu mengatakan, penunjukan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden No 189/M/2014 yang ditandatangani Joko Widodo pada 18 November 2014.

“Pak Amien merupakan sosok yang tepat memimpin SKK Migas,” katanya.

Amien Sunaryadi, Ak, MPA, CISA, yang lahir di Malang, 23 Januari 1960, merupakan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi periode pertama yakni 2003-2007.

Ia adalah lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) Jakarta, satu almamater dengan Sudirman Said.

Selepas STAN, Amien muda ditarik menjadi asisten dosen di mantan kampusnya.

Namun, tidak berlangsung lama, ia memilih menjadi PNS dengan bergabung di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Amien berkarir di BPKP hingga 18 tahun dengan jabatan terakhir Kepala Sub Kelancaran Pembangunan Direktorat Pengawasan Khusus.

Usai BPKP, ia bekerja di konsultan keuangan internasional, PricewaterhouseCoopers (PWC), sebelum mendaftar dan terpilih sebagai Wakil Ketua KPK.

Saat di KPK, prestasi Amien antara lain dalam pengungkapan kasus Anggota Komisi Pemilihan Umum Mulyana W Kusumah dan Direktur Perum Bulog Widjanarko Puspoyo.

Selepas KPK, Amien di antaranya berkarir di Bank Dunia dan konsultan Ernst and Young (E&P) sebelum dipercaya menjabat Kepala SKK Migas. (ant/lif)

0 Comments

Leave a Comment

three + 13 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password