KPU Ingin Ada Peradilan Khusus Pemilu

Denpasar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menginginkan ke depannya ada lembaga peradilan khusus yang menangani sengketa pemilu sehingga tidak menghasilkan keputusan yang berbeda-beda.

“Keadaan seperti sekarang membuat gamang. Mana yang harus diikuti karena semuanya membawa konsekuensi hukum,” kata anggota KPU-RI Juri Ardiantoro di Denpasar, Rabu (19/11/2014).

Menurut dia, dengan adanya peradilan khusus yang menangani sengketa pemilu, maka tidak seluruh lembaga peradilan yang ada akan menangani pemilu.

“Kalau persoalan etik ya diselesaikan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), kalau sengketa tahapan ya cukup Bawaslu dan tidak perlu ke Pengadilan Tata Usaha Negara, pengadilan negeri, maupun Mahkamah Agung dan lain-lain, serta sengketa hasil diadili di Mahkamah Konstitusi,” ujarnya.

Ia mengemukakan, ada dua pilihan yang dapat dipakai. Pertama menggunakan lembaga peradilan yang sudah ada sekarang, namun digunakan untuk mencari keadilan sesuai jalurnya. “Jadi tidak seluruhnya dipakai sehingga memakan waktu dan apalagi kalau keputusannya berbeda-beda. Harus ada peradilan pemilu yang terintegrasi,” ucapnya.

Pilihan yang kedua, tambah Juri, dengan membuat peradilan khusus untuk menangani seluruh sengketa pemilu.

“Kami sudah mengusulkan dan memberi masukan terkait dengan hal ini kepada para pemangku kebijakan, namun responsnya memang belum ada karena belum ada proses pembahasan UU terkait hal tersebut,” kata Juri.

Sebelumnya Ketua Badan Pengawas Pemilu, Muhammad mengusulkan adanya lembaga peradilan pemilu yang fungsinya mengadili semua perkara pemilu, baik pelanggaran etik hingga pidana. Hal itu disebabkan banyak putusan antara lembaga peradilan yang bertentangan.

Dicontohkan soal pembukaan kotak suara oleh KPU. Hasil putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu menyatakan KPU melanggar etik dengan membuka kotak suara tanpa izin Mahkamah Konstitusi untuk melengkapi alat bukti. Namun MK tak mempermasalahkan hal tersebut. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

4 × 3 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password