Sidang Kasus Korupsi Alat Kesehatan Mentawai Diundur

Padang – Sidang lanjutan kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada 2012 dengan agenda pemeriksaan saksi ahli yang dihadirkan jaksa penuntut umum, diundur.

“Saksi ahli tidak dapat hadir, maka kami minta waktu untuk menghadirkan saksi dalam sidang lanjutan pekan depan,” kata Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Tuapejat Atma di Padang, Rabu (19/11/2014).

Sebelumnya, dalam sidang yang diundur tersebut terdapat lima nama terdakwa. Mereka adalah Kepala Dinas Kesehatan Warta Siritoitet, Kepala Bidang Saran dan Prasaran Gidion Sinambela, Kepala Seksi Sarana Germinus, staf Dinas Kesehatan Firdaus, dan pihak rekanan Rizal Efendi.

Mereka disidang pada persidangan yang sama, namun dalam dua berkas terpisah, di mana empat pejabat Dinas Kesehatan dalam satu berkas dan pihak rekanan pada berkas lainnya.

Dalam dakwaan JPU dari Kejaksaan Tua Pejat Mentawai Atma Riadi dan Limra Mesdi, disebutkan kasus pengadaan alat kesehatan itu berawal dari hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumbar.

Dari hasil audit proyek pengadaan itu, BPKP menemukan kerugian negara sekitar Rp737 juta. Setelah ditelusuri, ternyata kerugian disebabkan pengadaan yang tidak sesuai dengan jumlah di dokumen pengadaan.

Berdasarkan hasil penyidikan jaksa, keempat terdakwa yang merupakan panitia pengadaan diduga secara bersama-sama telah mengurangi volume barang sebanyak 40 persen, sedangkan pembayaran tetap dilakukan 100 persen.

Rizal Effendi diseret ke pengadilan karena diduga tidak bekerja sesuai tupoksi selaku rekanan pengadaan. Ia diduga tidak mengadakan alat-alat kesehatan sesuai dengan dokumen pengadaan yang dibuat oleh panitia pengadaan.

Atas perbuatan kelima terdakwa, mereka dijerat oleh jaksa dengan pidana karena melanggar Pasal 2 Ayat (1), jo Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

one × one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password