Warga Padang Dituntut Sembilan Tahun Penjara

Padang – Ismail (23), terdakwa dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba jenis ganja, dituntut dengan hukuman sembilan tahun penjara.

“Mohon agar majelis hakim menyatakan terdakwa bersalah, dan menjatuhkan pidana selama 9 tahun penjara,” kata Jaksa Penuntut Umum, Eli Roza di Padang, Rabu (19/11/2014).

Selain pidana kurungan, jaksa juga menuntut terdakwa yang merupakan warga Kelurahan Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, dengan pidana denda sebesar Rp 1 miliar, subsider tiga bulan kurungan.

Ia menjelaskan, terdapat beberapa hal yang memberatkan hingga tuntutan terdakwa terbilang tinggi. Pertama karena perbuatan terdakwa telah meresahkan masyarakat. Selain itu, terdakwa juga selalu berbelit dalam persidangan yang digelar.

“Terdakwa tidak pernah berkata jujur untuk mengakui perbuatannya di persidangan, ia juga tidak menyesali perbuatannya,” kata Eli. Sedangkan hal yang meringankan, lanjutnya, mengingat terdakwa belum pernah dihukum sebelumnya.

Sebelumnya, kasus yang menyeret Ismail ke persidangan itu berawal sekitar pukul 14.30 WIB, Kamis 26 Juni 2014, di Kelurahan Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Dimana di tempat itu terdakwa berjanji bertemu sesorang yang menghubunginya lewat telepon genggam untuk melakukan transaksi penjualan narkoba jenis ganja. “Pada pertemuan itu terdakwa menyepakati untuk menjual ganja kering seberat 2 kilogram, dengan nilai uang sebesar Rp3,4 juta,” jelasnya.

Namun orang yang menghubungi dan berjanji dengan terdakwa itu adalah anggota kepolisian yang menyamar. Hingga terdakwa akhirnya langsung diamankan beserta barang bukti.

Perbuatan terdakwa melanggar pasal 114 ayat (1), dan pasal 111 ayat (1), Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Sedangkan terdakwa, di hadapan persidangan tidak banyak berkomentar, dan tetap menyatakan jika dirinya tidak bersalah. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

twenty − 15 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password