Bentrok TNI Polri di Batam Akibat Hubungan Psikologis Buruk

Jakarta – Indonesia Police Watch (IPW) menilai bentrokan TNI dan Polri di Tembesi, Batam, Rabu (19/11/2014), disebabkan buruknya hubungan psikologis antara kedua institusi tersebut.

Pasalnya, bentrokan yang berujung baku tembak tersebut, bukanlah yang pertama. Kejadian serupa pernah terjadi pada September lalu.

Ketua Presidium IPW Neta S Pane mengatakan, pemerintah perlu segera mengevaluasi kepemimpinan dua institusi di Batam tersebut. Setidaknya, mencopot Kapolda Riau dan Danrem setempat pascabentrok tersebut sebagai tanggung jawab memimpin wilayah.

“Bagaimanapun bentrokan ini tak terlepas dari kelenggahan elit-elit TNI-Polri dalam mencermati dinamika di Batam pasca bentrokan 21 Sep 2014 lalu,” ujar Neta kepada covesia, Kamis (20/11/2014).

Bentrokan antara dua aparatur negara itu tidak hanya menakutkan masyarakat, tapi juga akan membuat investor berpikir kembali untuk masuk ke Indonesia. Padahal dalam forum APEC dan G-20 yang lalu, Presiden Jokowi mengundang para investor agar masuk ke Indonesia.

“Bagaimana mereka (investor) mau masuk, jika tidak ada jaminan keamanan di Indonesia apalagi antar aparat keamanan saja saling tembak dan terus menerus bentrok,” tukasnya. (hat/rio)

0 Comments

Leave a Comment

eight − 7 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password